Pengembangan instrumen multiple choice reasoning terbuka dengan pendekatan literasi sains berbasis HOTS untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMAN Karangpandan pada materi gerak harmonik
Lestari, Widy (2019) Pengembangan instrumen multiple choice reasoning terbuka dengan pendekatan literasi sains berbasis HOTS untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMAN Karangpandan pada materi gerak harmonik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (11MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengembangkan instrumen multiple choice reasoning terbuka dengan pendekatan pembelajaran literasi sains berbasis HOTS (High Order Thinking Skills) untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMAN Karangpandan pada materi gerak harmonik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen multiple choice reasoning terbuka berbasis HOTS dengan pendekatan literasi sains, menguji validitas dan reliabilitas instrumen berbasis HOTS, menguji daya beda dan tingkat kesukaran instrumen HOTS serta mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X pada materi gerak harmonik. Jenis penelitian yang digunakan adalah (R&D) oleh Borg and Gall. Instrumen HOTS yang dikembangkan terdiri dari tingkatan kognitif menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi. Instrumen HOTS telah diuji validitas isi dan empiris menghasilkan 14 butir soal dinyatakan valid. Instrumen dinyatakan reliabel dengan r_hitung>r_tabel. Hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa secara keseluruhan pada kategori sangat kurang sebesar 1,60%, kategori kurang sebesar 74,60% dan kategori cukup sebesar 23,80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir; Instrumen Multiple Choice Reasoning; Literasi sains |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ricky Dwi Kurnianto |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 08:15 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 03:06 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9905 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year