Efektivitas model pembelajaran SFAE (Student Facilitator And Explaining) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi himpunan kelas VII MTs Darul Ulum Kota Semarang tahun pelajaran 2017/2018

Irawan, Bambang (2018) Efektivitas model pembelajaran SFAE (Student Facilitator And Explaining) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi himpunan kelas VII MTs Darul Ulum Kota Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of full fix.pdf]
Preview
Text
full fix.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi himpunan kelas VII MTs Darul Ulum Kota Semarang. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi himpunan di MTs Darul Ulum Kota Semarang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) sebagai solusi dari permasalahan terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi himpunan kelas VII MTs Darul Ulum Kota Semarang. Indikator efektivitas pada penelitian ini adalah rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain True Experimental Design, menggunakan Post-test Only Control Design. Variabel bebas dalam penelitian ini model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE), sedangkan variabel terikat penilitian adalah kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII MTs Darul Ulum Kota Semarang Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, wawancara, dan tes.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Darul Ulum Kota Semarang tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri atas 3 kelas, dengan jumlah 73 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah Cluster Random Sampling yang telah diuji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata terlebih dahulu. Sehingga, terpilih kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas Eksperimen. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional/ekspositori.
Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata klasikal kelas eksperimen dengan menerapkan model Student Facilitator and Explaining (SFAE) lebih baik dari pada nilai rata-rata klasikal kelas kontrol dengan menerapkan model ceramah. Hal ini dibuktikan dengan uji perbedaan rata-rata pihak kanan diperoleh t_hitung=3,625 dan t_tabel=1,678 dengan taraf signikansi 5%. Sehingga t_hitung>t_tabel yaitu 3,625>1,678. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signikan antara kelas eksperimen yang menerapkan Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan kelas kontrol yang menerapkan model konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik.
Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi himpunan kelas VII MTs Darul Ulum Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Student Facilitator and Explaining (SFAE); Komunikasi matematis; Himpunan; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:44
Last Modified: 27 Jul 2021 08:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9967

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics