Implementasi Metode Eksperimen sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Perambatan Energi Panas Kelas IVB Semester Genap MI Nashrul Fajar Tembalang Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011

Sukirman, Sukirman (2012) Implementasi Metode Eksperimen sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Perambatan Energi Panas Kelas IVB Semester Genap MI Nashrul Fajar Tembalang Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911222_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (992kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911222_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911222_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911222_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911222_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911222_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911222_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui implementasi metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi pokok perambatan energi panas di kelas IVb MI Nashrul Fajar Semarang; 2) untuk meningkatkan tabel hasil belajar siswa kelas IVb semester genap MI Nashrul Fajar Semarang pada mata pelajaran IPA materi pokok perambatan energi panas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan penilaian kinerja untuk mengukur hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan psikomotorik, lembar observasi digunakan untuk mengukur keaktifan siswa dan aktifitas guru selama pelaksanaan proses pembelajaran. Data hasil penelitian di olah dengan analisis deskriptif. Implementasi metode eksperimen dilakukan dalam dua siklus dengan materi berbeda. Pada siklus pertama pembelajaran menggunakan metode eksperimen untuk menguji perpindahan energi panas secara konduksi, sedangkan pada siklus kedua metode eksperimen digunakan untuk menguji perpindahan energi panas secara konveksi dan radiasi. Siswa melakukan eksperimen dengan mengikuti petunjuk (lembar kerja siswa) dan mengamati fenomena yang terjadi saat eksperimen serta mencatatnya pada lembar pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap pra siklus persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 44,44% dengan rata-rata 50,97 dan meningkat menjadi 63,89% dengan rata-rata 65,83 pada siklus I atau meningkat 14,86 poin, dan mengalami peningkatan menjadi 100 % dengan rata-rata 91,67 pada siklus II atau mengalami peningkatan 25,84 poin setelah peneliti memperbaiki kekurangan yang ada pada pembelajaran siklus I. Siswa dikatakan tuntas apabila mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 65. Hasil analisis data di atas menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen pada materi pokok perambatan energi panas. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari persentase keberhasilan tiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai informasi dan masukan guru dalam melakukan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA materi pokok perambatan energi panas

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Metode Eksperimen; Pelajaran IPA; Perambatan Energi Panas; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Dec 2013 03:15
Last Modified: 24 Dec 2013 03:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1181

Actions (login required)

View Item View Item