Penerapan Model Pembelajaran Aktif dengan Metode Drill sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Nilai Pecahan dari Suatu bilangan di MI Falaqiyah Lebak Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2010/2011

Arwani, Moh (2012) Penerapan Model Pembelajaran Aktif dengan Metode Drill sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Nilai Pecahan dari Suatu bilangan di MI Falaqiyah Lebak Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911234_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911234_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911234_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911234_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911234_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911234_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911234_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah penerapan metode Drill (latihan) dapat meningkatkan Prestasi hasil belajar peserta didik kelas VI MI Falaqiyah Lebak Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan pada materi pokok Nilai Pecahan dari suatu bilangan. (2) Apakah penerapan metode Drill (latihan) dapat meningkatkan Prestasi hasil belajar peserta didik kelas VI MI Falaqiyah Lebak Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan pada materi pokok Nilai Pecahan dari suatu bilangan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas VI MI Falaqiyah Lebak Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VI melalui prasiklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran matematika yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan peserta didik menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah kelas VI di MI Falaqiyah Lebak Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan dengan populasi 101 peserta didik, yang terdiri dari kelas 1 yang berjumlah 20 peserta didik, kelas II yang berjumlah 12 peserta didik, kelas III yang berjumlah 16 peserta didik, kelas IV yang berjumlah18 peserta didik, kelas V yang berjumlah18. Subyek yang akan diteliti adalah peserta didik pada kelas VI yang berjumlah 17 peserta didik. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran aktif dengan menggunakan metode Drill (Latihan) dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif serta pemberian soal-soal latihan yang bervariasi maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, keaktifan belajar peserta didik mempunyai presentase 50,9% dan rata-rata tes akhir 59,71. pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 60,25% dan rata-rata tes akhir 61,73. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus II keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dapat dipresentasekan menjadi 78,38% dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 8,53. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan metode Drill (Latihan) dengan sebelumnya. Namun dari penelitian tersebut terdapat peserta didik yang dari tahap prasiklus, siklus I dan siklus II mempunyai nilai skor terakhir dan nilai tes akhirnya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena kondisi keluarga yang tidak mendukung dan karena memang daya ingat atau tingkat intelektualitas maupun IQ yang rendah. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan Prestasi hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan metode Drill (latihan). Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Dorongan belajar atau motivasi atau semangat belajar juga bisa berasal dari faktor orang tua atau keluarga yang dapat mempengaruhi kondisi psikologi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Matematika; Metode Drill; Nilai Pecahan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Dec 2013 03:27
Last Modified: 24 Dec 2013 03:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1194

Actions (login required)

View Item View Item