Meningkatkan Prestasi Belajar al-Qur’an Hadits pada Materi Memahami Huruf Hijaiyyah dan Tanda Bacanya melalui Metode Qira’ati (Studi pada Siswa Kelas I Semester II MI Islamiyah Sijono Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang tahun 2010/2011)

Taslihatun, Taslihatun (2012) Meningkatkan Prestasi Belajar al-Qur’an Hadits pada Materi Memahami Huruf Hijaiyyah dan Tanda Bacanya melalui Metode Qira’ati (Studi pada Siswa Kelas I Semester II MI Islamiyah Sijono Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang tahun 2010/2011). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093911275_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093911275_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 093911275_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911275_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 093911275_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911275_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 093911275_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911275_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 093911275_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911275_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 093911275_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911275_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 093911275_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093911275_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa MI Kelas I Semester II Pada Materi memahami Huruf Hijaiyyah dan Tanda Bacanya Melalui Metode Qiraati (Studi Kasus di MI Islamiyah Sijono Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Tahun 2010/2011). Latar Belakang dari penelitian adalah di Madrasah Ibtidaiyyah islamiyah Sijono kecamatan Warungasem kabupaten Batang, materi Al-Qur’an Hadits yaitu pada materi memahami huruf hijaiyyah dan tanda bacanya dianjurkan menggunakan metode qiro’ati seperti yang digunakan pada TPQ. Karena metode qiro’ati lebih detail dan praktis dalam penyampainnya, namun ampuh dalam memahamkan siswa. Metode qiro’ati ini bukan hanya pengenalan hurufnya saja, melainkan ditekankan pada cara membacanya yang benar sesuai dengan makhorijul huruf dan tajwidnya. Hal ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Sijono agar siswa lebih aktif dalam memahami huruf hijaiyyah serta mengerti cara membacanya yang benar sesuai dengan makhorijul hurufnya Dengan tajwidnya. Karena siswa kelas satu di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Sijono masih heterogen background dari pendidikan pra sekolahnya, ada yang dari TK, adapula yang dari RA. Sehingga perlu keseragaman dalam pemebelajarannya, agar siswa yang dari TK mampu mengikuti seperti yang dari RA sebagaimana telah diajarkan huruf hijaiyyah sebelumnya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan 1) Bagaimana prestasi belajar siswa MI Kelas I semester II pada materi memahami huruf hijaiyah dan tanda bacanya melalui metode Qiroati?
Pada penelitian upaya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi memahami huruf hijaiyyah dan tanda bacanya melalui metode qiraati di kelas 1 MI Islamiyah Sijono Warungasem kabupaten Batang berhasil baik sekali, sebagaimana pada setiap siklusnya dari 29 siswa selalu mengalami peningkatan yaitu dengan ketuntasan belajar siswa nilai rata-rata 72,4 pada pra siklus menjadi nilai rata-rata 80,34 pada siklus I dan meningkat menjadi nilai rata-rata 87,9 pada siklus II. Upaya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi memahami huruf hijaiyyah dan tanda bacanya melalui metode qiraati degan kategori baik sekali, yaitu telah mencapai KKM 86-95.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an Hadits; Huruf Hijaiyyah; Qira’ati; Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 31 Dec 2013 07:17
Last Modified: 31 Dec 2013 07:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1261

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics