Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Pokok Surat Al-Fiil Kelas II MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Tahun

Mundhiroh, Mundhiroh (2012) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Pokok Surat Al-Fiil Kelas II MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Tahun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911313_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911313_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911313_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911313_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911313_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911313_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911313_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (192kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran Qur’an materi pokok surat al Fiil dengan media pembelajaran interaktif di MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Sayung Demak tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Penerapan Media pembelajaran interaktif terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al Qur’an materi pokok surat al Fiil kelas II di MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Sayung Demak Tahun pelajaran 2010/2011. Hal itu dibuktikan dari hasil nilai sebelum Prestasi Belajar Siswa Kelas II MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Sayung Kabupaten Demak pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits Materi Pokok Surat Al Fiil sebelum menerapkan Media Pembelajaran interaktif sangat minim. Hal itu dibuktikan dari hasil nilai sebelum Media Pembelajaran interaktif diterapkan pra siklus siswa yang mencapai tuntas 2 orang atau 9,1 % dan yang belum tuntas 20 siswa atau 90,9 %, kemudian pada siklus I siswa yang mencapai tuntas ada 5 siswa atau 22,7 % dan yang belum tuntas ada 17 siswa atau 77,3 %. Hasil Prestasi Belajar Siswa Kelas II MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Sayung Kabupaten Demak pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits Materi Pokok Surat Al Fiil sesudah menerapkan media pembelajaran interaktif meningkat dengan signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai setelah Media Pembelajaran interaktif diterapkan pra siklus siswa yang mencapai tuntas 20 orang atau 90,9 % dan yang belum tuntas 2 siswa atau 9,1 %. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan Penerapan Media pembelajaran interaktif terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al Qur’an materi pokok surat al Fiil kelas II di MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Sayung Demak Tahun pelajaran 2010/2011. Dengan demikian hipotesa sementara dari peneliti bahwa dengan melalui media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran al Qur’an materi pokok surat al Fiil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Tahun 2011, terbukti/diterima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Media Pembelajaran; Al-Qur’an Hadits
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jan 2014 05:43
Last Modified: 08 Jan 2014 05:43
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1285

Actions (login required)

View Item View Item