Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Pokok Surat Al-Fiil Kelas II MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Tahun
Mundhiroh, Mundhiroh (2012) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Pokok Surat Al-Fiil Kelas II MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Tahun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911313_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (229kB) | Preview
093911313_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (101kB) | Preview
093911313_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (130kB) | Preview
093911313_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (126kB) | Preview
093911313_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (330kB) | Preview
093911313_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
093911313_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (192kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran
Qur’an materi pokok surat al Fiil dengan media pembelajaran interaktif di MI
Nahdlatusy Syubban Purwosari Sayung Demak tahun pelajaran 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari
Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Penerapan Media pembelajaran interaktif
terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al Qur’an
materi pokok surat al Fiil kelas II di MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Sayung
Demak Tahun pelajaran 2010/2011. Hal itu dibuktikan dari hasil nilai sebelum
Prestasi Belajar Siswa Kelas II MI Nahdlatusy Syubban Purwosari Sayung
Kabupaten Demak pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits Materi Pokok Surat Al
Fiil sebelum menerapkan Media Pembelajaran interaktif sangat minim. Hal itu
dibuktikan dari hasil nilai sebelum Media Pembelajaran interaktif diterapkan pra
siklus siswa yang mencapai tuntas 2 orang atau 9,1 % dan yang belum tuntas 20
siswa atau 90,9 %, kemudian pada siklus I siswa yang mencapai tuntas ada 5
siswa atau 22,7 % dan yang belum tuntas ada 17 siswa atau 77,3 %.
Hasil Prestasi Belajar Siswa Kelas II MI Nahdlatusy Syubban Purwosari
Sayung Kabupaten Demak pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits Materi Pokok
Surat Al Fiil sesudah menerapkan media pembelajaran interaktif meningkat
dengan signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai setelah Media Pembelajaran
interaktif diterapkan pra siklus siswa yang mencapai tuntas 20 orang atau 90,9 %
dan yang belum tuntas 2 siswa atau 9,1 %.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan Penerapan Media
pembelajaran interaktif terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran al Qur’an materi pokok surat al Fiil kelas II di MI Nahdlatusy
Syubban Purwosari Sayung Demak Tahun pelajaran 2010/2011.
Dengan demikian hipotesa sementara dari peneliti bahwa dengan melalui
media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran al Qur’an materi pokok surat al
Fiil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II MI Nahdlatusy Syubban
Purwosari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Tahun 2011, terbukti/diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar; Media Pembelajaran; Al-Qur’an Hadits |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 05:43 |
Last Modified: | 08 Jan 2014 05:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1285 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year