Hubungan Motivasi Belajar dan Lama Pendidikan Madrasah Diniyah dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Bumijawa Kabupaten Tegal

Khapid, Khapid (2012) Hubungan Motivasi Belajar dan Lama Pendidikan Madrasah Diniyah dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Bumijawa Kabupaten Tegal. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Khapid_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Khapid_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Khapid_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Khapid_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah, guru sering menemukan adanya siswa yang memiliki motivasi tinggi dan sebagian memiliki motivasi rendah. Dilihat lebih lanjut siswa pada sore hari juga mengikuti pendidikan madrasah diniyah di lingkungan rumah tempat tginggalnya. Mereka ada yang memiliki pendidikan madrasah diniyah dalam kurun waktu yang lama dan ada juga yang sebentar. Motivasi dan lama pendidikan madrasah diniyah tersebut adalah faktor yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan lama pendidikan madrasah diniyah di SMP Negeri 3 Bumijawa. Sejumlah 80 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Bumijawa Kabupaten Tegal dipilih untuk dijadikan obyek penelitian. Alat pengumpul data adalah angket untuk mengetahui motivasi belajar dan tes hasil belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bumijawa Tahun Pelajaran 2011/2012. Hasil analisis data dengan two way analysis of varians menunjukkan bahwa ketiga hipotesis sesuai dengan hipotesis yang diajukan penulis dalam penelitian ini. Pertama, terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 3 Bumijawa. Kedua, terdapat hubungan yang signifikan antara lama pendidikan madrasah diniyah terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 3 Bumijawa.ketiga, terbukti adanya hubungan yang signifikan secara simultan antara motivasi belajar dan lama pendidikan madrasah diniyah secara simultan terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 3 Bumijawa. Berdasarkan analisis menunjukkan bahwa siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi memiliki hasil belajar yang tinggi. Begitu juga siswa yang mengikuti pendidikan madrasah diniyah lama memiliki hasil belajar tinggi. Demikian juga motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah serta pendidikan madrasah diniyah yang lama dan pendidikan madrasah diniyah yang sebentar secara interaksi memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam. Penulis menyarankan, untuk dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa maka tingkatkanlah motivasi belajar siswa dan ikutilah pendidikan madrasah diniyah yang ada di masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Madrasah Diniyah; Learning Motivation; Learning Achievement; Islamic Religious Education
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Nov 2013 07:52
Last Modified: 04 Nov 2013 07:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item View Item