Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Mie Instant Indofood (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Muamalah dan Ahwal Al-Syakhsiyyah Semester VIII IAIN Walisongo Semarang)
Rofiqoh, Zuliana (2012) Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Mie Instant Indofood (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Muamalah dan Ahwal Al-Syakhsiyyah Semester VIII IAIN Walisongo Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
082411083_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (688kB) | Preview
082411083_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (56kB) | Preview
082411083_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (175kB) | Preview
082411083_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (74kB) | Preview
082411083_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (385kB) | Preview
082411083_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
082411083_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Banyaknya produk yang terjual bebas dipasaran akhir-akhir ini, ternyata tidak semua mempunyai label halal dan meresahkan masyarakat muslim karena banyaknya isu yang mengandung minyak babi (barang yang diharamkan). Label halal sangat dibutuhkan bagi konsumen muslim yang berada di negara Indonesia khususnya dan bagi negara muslim lain yang ada di seluruh dunia. Umat muslim mempunyai kebutuhan khusus sesuai syari’at Islam untuk memakan makanan yang halal dan thayyib tetapi hal tersebut tidak semudah zaman dulu yang belum ada perkembangan teknologi canggih, oleh karena itu untuk memudahkan memakan makanan yang halal dengan mengetahui adanya label halal pada kemasan produk tersebut.
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan mu’malah dan ahwal al-syakhsiyyah semester VIII. adapun variabel yang diteliti meliputi labelisasi halal sebagai variabel bebas dan keputusan konsumen membeli produk mie instan indofood sebagai variabel terikat. Data diperoleh melalui pihak akademisi fakultas syari’ah berupa dokumentasi dan data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah 4,087, sedangkan nilai t tabel adalah 2,00575 yang lebih kecil dibanding dengan t hitung. Artinya, ada pengaruh signifikan antara variabel labelisasi halal (X) terhadap keputusan konsumen (Y). sedangkan dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,240, ini artinya bahwa variasi perubahan variabel keputusan konsumen (Y) dipengaruhi oleh perubahan variabel bebas labelisasi halal (X) sebesar 24%. Sedangkan sisanya 76% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Dapat diambil simpulan bahwa Labelisasi halal berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen membeli produk mie instan indofood. Dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan labelisasi halal terhadap keputusan konsumen membeli produk mie instan indofood. Saran yang disampaikan adalah bagi produk yang berada diwilayah mayoritas warga muslim diharapkan lebih menerapkan labelisasi halal pada produk tertentu (yang dikonsumsi umat muslim), karena hal tersebut memiliki andil dalam meningkatkan pembelian dan menarik konsumen muslim khusunya. Sedangkan bagi pemerintah agar tetap menjaga produk-produk dalam negeri dalam kualitas terjamin untuk melindungi konsumen di Indonesia
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Label Halal; Makanan Halal |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq) |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Muhammad Qomarudin |
Date Deposited: | 28 Jan 2014 10:17 |
Last Modified: | 28 Jan 2014 10:17 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1466 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year