Efektivitas pembelajaran kontekstual dengan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI materi pokok larutan penyangga di SMA NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub tahun ajaran 2012/2013

Mahmudah, Ulfah (2013) Efektivitas pembelajaran kontekstual dengan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI materi pokok larutan penyangga di SMA NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub tahun ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093711029_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093711029_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of 093711029_Bab1.pdf]
Preview
Text
093711029_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 093711029_Bab2.pdf]
Preview
Text
093711029_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 093711029_Bab3.pdf]
Preview
Text
093711029_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 093711029_Bab4.pdf]
Preview
Text
093711029_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 093711029_Bab5.pdf]
Preview
Text
093711029_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 093711029_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093711029_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kontekstual dengan metode resitasi efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI materi pokok larutan penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, berdesain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Kelas XI IPA digunakan sebagai kelas eksperimen dan sebagai kontrol yaitu KKM (75).
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, dan metode dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui nilai hasil belajar. Rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran kontekstual dengan metode resitasi adalah 80,25. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data siswa dan nilai ulangan sebelumnya. Rata-rata nilai ulangan materi sebelumnya yaitu 70,03. Data yang telah terkumpul kemudian diuji normalitas dan homogenitasnya. Pada uji normalitas awal diperoleh χ2hitung = 8,79 dan uji normalitas akhir diperoleh χ2hitung = 5,682. Dengan α=5%, diperoleh χ2tabel = 11,07. Karena χ2hitung < χ2tabel maka dapat disimpulkan data tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas kelas eksperimen dengan uji kesamaan dua varian diperoleh Fhitung = 1,412 dan Ftabel = 1,69. Karena Fhitung = 1,412 < Ftabel = 1,69 maka dapat disimpulkan bahwa sampel dalam keadaan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu fihak yaitu pihak kanan. Diperoleh thitung = 4,696 > ttabel = 1,684, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa hasil belajar siswa setelah pembelajaran kontekstual dengan metode resitasi lebih besar atau sama dengan KKM. Berdasarkan uji prosentase keefektifan diperoleh prosentase keefektifan sebesar 90% (sangat efektif).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual dengan metode resitasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI materi pokok larutan penyangga di SMA NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi; Metode Pembelajaran; Pembelajaran Kontekstual; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Mar 2014 08:56
Last Modified: 05 Mar 2014 08:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1605

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics