Pengaruh strategi pemasaran produk koperasi jasa keuangan syariah Insan Sejahtera cabang Cepiring terhadap minat nasabah

Mubarok, Muhamad Chusni (2013) Pengaruh strategi pemasaran produk koperasi jasa keuangan syariah Insan Sejahtera cabang Cepiring terhadap minat nasabah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
092411107-coverdll.pdf - Accepted Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411107-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411107-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411107-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411107-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411107-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
092411107-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Dalam era persaingan usaha yang semakin kompetitif seperti sekarang ini setiap Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta koperasi perlu menyusun dan menerapkan strategi bisnis yang tepat. Jika tidak, maka tidak menutup kemungkinan suatu UMKM dan koperasi sulit untuk dapat bertahan hidup, apalagi mampu mengungguli para pesaing-pesaingnya. Salah satunya Koperasi Jasa Keuangan Syariah Insan Sejahtera tidak terlepas dari kemampuan lembaga tersebut dibidang pemasaran, terutama kebijaksanaan dan penetapan strategi pada situasi dan kondisi tertentu. Penetapan strategi ini ditentukan oleh manajer pemasaran dengan memaksimalkan marketing mix terhadap minat nasabah. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah variabel marketing mix yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh terhadap minat nasabah di KJKS Insan Sejahtera Cabang Cepiring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan membuktikan apakah variabel-variabel pada marketing mix berpengaruh secara siginifikan terhadap minat nasabah di KJKS Insan Sejahtera Cabang Cepiring. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling random (probabilitas). Jumlah nasabah yang diambil sebagai sampel adalah 75 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket, wawancara, pengamatan, dan dokumentasi, Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedasitas dan uji normalitas), uji koefisien determinasi, serta uji hipotesis (uji F dan uji t ). Dari hasil uji validitas dan reabilitas, diperoleh tiap-tiap instrumen dari semua variabel nilai r_hitung di atas 0,227 (alpha 5%) sedangkan cronbach’s alpha > dari 0,6. Hal ini dapat dinyatakan valid dan reliabel. Hasil perhitungan secara partial diperoleh untuk produk t_hitung (3.713)> t_tabel (1.666), harga t_hitung (-1.703)< t_tabel (1.666), lokasi t_hitung (2.220)> t_tabel (1.666) dan promosi t_hitung (7.539)> t_tabel (1.666) yang berarti secara partial produk, tempat dan promosi dinyatakan signifikan sedangkan harga tidak signifikan. Sedangkan hasil uji secara simultan diperoleh F_hitung (23.264)>F_tabel (2.503), berarti hipotesis menyatakan ada pengaruh signifikan antara produk, harga, tempat dan promosi terhadap minat nasabah di KJKS Insan Sejahtera cabang Cepiring.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS); Minat Nasabah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Apr 2014 08:47
Last Modified: 03 Apr 2014 08:47
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1808

Actions (login required)

View Item View Item