Keefektifan strategi pembelajaran practice-rehearsal pairs dengan alat peraga simetri lipat dan simetri putar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2010/2011 pada sub materi pokok persegi panjang dan persegi

M.Fatkhullah, M.Fatkhullah (2011) Keefektifan strategi pembelajaran practice-rehearsal pairs dengan alat peraga simetri lipat dan simetri putar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2010/2011 pada sub materi pokok persegi panjang dan persegi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_073511059_M_Fatkhullah]
Preview
Text (SKRIPSI_073511059_M_Fatkhullah)
73511059_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 73511059_bab1.pdf]
Preview
Text
73511059_bab1.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 73511059_bab2.pdf]
Preview
Text
73511059_bab2.pdf - Accepted Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 73511059_bab3.pdf]
Preview
Text
73511059_bab3.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 73511059_bab4.pdf]
Preview
Text
73511059_bab4.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 73511059_bab5.pdf]
Preview
Text
73511059_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 73511059_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73511059_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan strategi practice-rehearsal pairs dengan alat peraga simetri lipat dan simetri putar efektif dalam meningkatkan hasi belajar peserta didik kelas VII M.Ts NU 05 Sunan Katong Kaliwungu pada sub materi pokok persegi panjang dan persegi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII M.Ts. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Tahun Pelajaran 2010/2011, pada pengambilan sampel digunakan metode cluster random sampling, diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol, dan VII B sebagai kelas uji coba. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, pada desain penelitian peneliti membandingkan subjek yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik digunakan evaluasi setelah pembelajaran selesai. Soal evaluasi yang diberikan sebelumnya telah diuji cobakan pada kelas uji coba untuk diketahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya bedanya.
Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, terlebih dahulu tes tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh t = > t = t = 1.66 dengan α = 5% yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran practice-rehearsal pairs dengan alat peraga simetri lipat dan simetri putar sebesar 74.55 , sedangkan peserta didik yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran konvensional sebesar 67.56. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen berbeda secara signifikan dengan hasil belajar kelompok kontrol. Dengan kata lain strategi pembelajaran practice-rehearsal pairs dengan alat peraga simetri lipat dan simetri putar efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII M.Ts. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu pada sub materi pokok persegi panjang dan persegi.
Disarankan bagi guru agar dapat mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran practice-rehearsal pairs dengan alat peraga simetri lipat dan simetri putar. Bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian ini, sehingga kesimpulan yang diperoleh dapat digunakan untuk menggeneralisasikan ke populasi yang lebih besar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Hasil Belajar; Practice-Rehearsal Pairs; Geometri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 01 Jul 2014 04:39
Last Modified: 19 Jun 2021 02:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2343

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics