Penerapan metode small group discussion pada mata pelajaran fiqih materi pokok infak dan sedekah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MI Sultan Agung 01 Sukolilo Pati tahun pelajaran 2010/2011

Kaspin, Kaspin (2011) Penerapan metode small group discussion pada mata pelajaran fiqih materi pokok infak dan sedekah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MI Sultan Agung 01 Sukolilo Pati tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111285-coverdll.pdf]
Preview
Text
093111285-coverdll.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 093111285-Bab1.pdf]
Preview
Text
093111285-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 093111285-Bab2.pdf]
Preview
Text
093111285-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 093111285-Bab3.pdf]
Preview
Text
093111285-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 093111285-Bab4.pdf]
Preview
Text
093111285-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 093111285-Bab5.pdf]
Preview
Text
093111285-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 093111285-Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111285-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi olehselama ini pembelajaran fiqih di MI Sultan Agung 01 Sukolilo Pati selama ini proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, mendikte dan tanya jawab sehingga menjadikan siswa hanya menerima materi secara pasif, dan gurulah yang lebih aktif, untuk itu dibutuhkan metode small group discussion ini sangat efektif karena dengan metode ini siswa melakukan sebagian besar pekerjaan yang harus dilakukan. Mereka menggunakan otak-otak mereka untuk menemukan gagasan-gagasan.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Apakah pelaksanaan mata pelajaran fiqih materi pokok infak dan sedekah di kelas IV MI Sultan Agung 01 Sukolilo Pati sebelum menggunakan metode small group discussion? 2) Apakah pelaksanaan mata pelajaran fiqihmateri pokok infak dan sedekah di kelas IV MI Sultan Agung 01 Sukolilo Pati setelah menggunakan metode small group discussion? 3) Adakah peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok infak dan sedekah di kelas IV MI Sultan Agung 01 Sukolilo Pati setelah menerapkan metode small group discussion.
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan mata pelajaran fiqih materi pokok infak dan sedekah di kelas IV MI Sultan Agung 01 Sukolilo Pati sebelum menggunakan metode small group discussion dimulai dengan mengucapkan salam dan menyuruh siswa untuk membaca do’a bersama-sama dilanjutkan dengan apersepsi. Selanjutnya peneliti menyampaikan materi pelajaran tentang ketentuan infak dan sedekah, dengan sekilas lalu mempersilahkan siswa untuk membaca bersama-sama diteruskan dengan proses tanya jawab, selanjutnya peneliti memberikan soal untuk dijawab siswa, setelah itu siswa disuruh mengumpulkan kedepan dan peneliti mengajak siswa untuk membaca hamdalah dan do’a bersama 2) Pelaksanaan mata pelajaran fiqih materi pokok infak dan sedekah di kelas IV MI Sultan Agung 01 Sukolilo Pati sesudah menggunakan metode small group discussion dilakukan dengan memulai proses pembelajaran ini dengan mengucapkan salam dan mengajak semua siswa untuk berdo’a bersama, mengabsensi siswa, menghubungkan pelajaran yang lalu dengan yang sekarang dan menerangkan materi pokok infak dan sedekah kemudian tanya jawab dilanjutkan guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil, dimana setiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa dengan menunjuk ketua dan sekretaris Kemudian guru memberikan studi kasus tentang contoh-contoh riel infak dan sedekah pada tiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa, sehingga ada 4 kelompok, sedangkan pada siklus II di tambah dengan mengajak siswa menonton film kun fayakun. Selanjutnya guru menginstruksikan setiap kelompok untuk mendiskusikan setiap jawaban kasus tersebut dan guru mempastikan setiap anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam diskusi. Setelah diskusi selesai guru menginstruksikan setiap kelompok melalui juru bicara yang ditunjuk menyajikan hasil diskusinya dalam forum kelas dan memberikan applus pada kelompok yang sudah selesai maju. kegiatan dilanjutkan dengan guru mengklarifikasi, penyimpulan dan tindak lanjut. 3) peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok infak dan sedekah di kelas IV MI Sultan Agung 01 Sukolilo Pati setelah menerapkan metode small group discussion dapat di lihat dari peningkatan hasil belajar per siklus dimana pada pra siklus tingkat ketuntasannya 9 siswa atau 41% naik pada siklus I menjadi 17 siswa atau 77%, diakhir siklus II sudah mencapai 20 siswa atau 91%. Dari hasil ini ketuntasan belajar dan keaktifan belajar sudah mencapai indikator yaitu 80% ke atas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Small Group Discussion; Infak dan Sedekah; Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 05:56
Last Modified: 07 Jul 2014 05:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2420

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics