Upaya meningkatkan kemampuan membaca tulisan Arab dengan menggunakan media audio visual (studi tindakan pada siswa kelas B RA Muslimat NU Girirejo Tegalrejo Magelang tahun 2011)

Asiyah, Nur (2011) Upaya meningkatkan kemampuan membaca tulisan Arab dengan menggunakan media audio visual (studi tindakan pada siswa kelas B RA Muslimat NU Girirejo Tegalrejo Magelang tahun 2011). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093111359-cover.pdf - Accepted Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111359-bab1.pdf - Accepted Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111359-bab2.pdf - Accepted Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111359-bab3.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111359-bab4.pdf - Accepted Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111359-bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093111359-bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Mampu membaca tulisan arab dengan baik dan benar pada dasarnya sangat penting, karena tulisan arab( bahasa arab) mempunyai tiga kedudukan yaitu sebagai bahasa agama, bahasa peradaban dan bahasa komunikasi. Dipandang dari itu, kiranya sangat penting untuk mengenalkan tulisan arab ( bahasa arab) sejak dini baik melalui jalur formal maupun jalur informal. Untuk bisa mengenalkan tulisan arab kepada anak didik, seorang guru dituntut professional, inovatif dan kreatif dalam menyampaikan materi kepada anak didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu penelitian yang didasarkan pada permasalahan prestasi membaca tulisan arab pada siswa kelas B RA Muslimat NU Girirejo. Dalam penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kemampuan membaca tulisan arab pada siswa kelas B RA Muslimat NU Girirejo Tegalrejo Magelang, tahun 2011 sebelum menggunakan media audio visual (2) Mengetahui kemampuan membaca tulisan arab sesudah menggunakan media audio visual pada siswa kelas B RA Muslimat NU Girirejo Tegalrejo Magelang Tahun 2011. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi,metode dokumentasi dan metode tes dengan teknik analisis data kualitatif yang digunakan untuk menganalisis data tentang keaktifan siswa selama pembelajaran dan analisa kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis data hasil belajar siswa pada tes lisan kemampuan membaca tulisan arab setelah menggunakan media audio visual setelah mengikuti pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B RA Muslimat NU Girirejo Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang tahun 2011 yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 9 perempuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca tulisan arab dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas B RA Muslimat NU Girirejo Tegalrejo Magelang yang dibuktikan dari hasil penelitian pada siklus I rata-rata nilai keaktifan siswa dalam pembelajaran hanya mencapai 56 %, sedangkan hasil pengamatan keaktifan siswa pada siklus II setelah menggunakan media audio visual mencapai 68 % dan siklus III mencapai 90,7 %. Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I rata-rata nilai tes akhir kemampuan membaca tulisan arab 2,54 meningkat 0,33 pada siklus II menjadi 2.87 dan 0,22 peningkatan pada siklus III menjadi 3,09. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media audio visual pada siswa kelas B RA Muslimat NU Girirejo Tegalrejo Magelang tahun 2011 mampu meningkatkan kemampuan membaca tulisan arab pada siswa kelas B RA Muslimat NU Girirejo Tegalrejo Magelang dari pada sebelum menggunakan media audio visual. Faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain : keunggulan media audio visual dari media yang lain, kemauan siswa yang kuat, fasilitas yang tercukupi dan guru yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Membaca Tulisan Arab; Media Pembelajaran; Audio Visual
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 01:38
Last Modified: 07 Jul 2014 01:38
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2464

Actions (login required)

View Item View Item