Efektivitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif pada materi pokok Kalor peserta didik kelas VII tahun ajaran 2010/2011 MTs Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak

Aqil, Ahmad (2010) Efektivitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif pada materi pokok Kalor peserta didik kelas VII tahun ajaran 2010/2011 MTs Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
3105266_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105266_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105266_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105266_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105266_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105266_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3105266_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok kalor di MTs Nurul Ittihad Babalan wedung Demak. 2). Bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif Pada Materi Pokok Kalor Peserta Didik Kelas VII Tahun Ajaran 2010/2011 MTs Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII B sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas mempunyai jumlah siswa 30 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik sampel total. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, metode observasi dan metode tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data-data nama peserta didik yang termasuk dalam populasi dan sampel penelitian. Selain itu digunakan metode tes (multiple choice tes) untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Selain diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homoginitas. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajarn dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Dalam uji hipotesis penelitian menggunakan Uji t-tes. Berdasarkan perhitungan Uji t-tes dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung = 2,055 sedangkan ttabel = 2,00. Karena thitung > ttabel berarti rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik, hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 65,13, sedangkan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata yang lebih kecil yaitu 58,40. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif pada materi pokok kalor peserta didik kelas VII di MTs Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Problem Based Learning (PBL); Hasil Belajar Kognitif; Kalor
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Additional Information: Pembimbing: Andi Fadllan, S. Si., M. Sc.; Dr. Muslih, M.A.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 31 Dec 2014 09:51
Last Modified: 31 Dec 2014 09:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3212

Actions (login required)

View Item View Item