Efektivitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif pada materi pokok Kalor peserta didik kelas VII tahun ajaran 2010/2011 MTs Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak
Aqil, Ahmad (2010) Efektivitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif pada materi pokok Kalor peserta didik kelas VII tahun ajaran 2010/2011 MTs Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
3105266_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (211kB) | Preview
3105266_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (111kB) | Preview
3105266_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (175kB) | Preview
3105266_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (231kB) | Preview
3105266_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (337kB) | Preview
3105266_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (52kB) | Preview
3105266_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok kalor di MTs Nurul Ittihad Babalan wedung Demak. 2). Bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif Pada Materi Pokok Kalor Peserta Didik Kelas VII Tahun Ajaran 2010/2011 MTs Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII B sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas mempunyai jumlah siswa 30 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik sampel total.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, metode observasi dan metode tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data-data nama peserta didik yang termasuk dalam populasi dan sampel penelitian. Selain itu digunakan metode tes (multiple choice tes) untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Selain diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homoginitas. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajarn dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Dalam uji hipotesis penelitian menggunakan Uji t-tes. Berdasarkan perhitungan Uji t-tes dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung = 2,055 sedangkan ttabel = 2,00. Karena thitung > ttabel berarti rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik, hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 65,13, sedangkan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata yang lebih kecil yaitu 58,40. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif pada materi pokok kalor peserta didik kelas VII di MTs Nurul Ittihad Babalan Wedung Demak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Andi Fadllan, S. Si., M. Sc.; Dr. Muslih, M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Problem Based Learning (PBL); Hasil Belajar Kognitif; Kalor |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 31 Dec 2014 09:51 |
Last Modified: | 18 Dec 2021 07:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3212 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year