Efektivitas Metode Pembelajaran Inside-Outside Circle terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Garis dan Sudut Kelas VIIi MTs Al-Ma’arif Gembong Tahun Pelajaran 2011/ 2012

Rohmah, Hani'atur (2012) Efektivitas Metode Pembelajaran Inside-Outside Circle terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Garis dan Sudut Kelas VIIi MTs Al-Ma’arif Gembong Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083511016_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511016_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511016_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511016_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511016_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511016_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511016_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan minat peserta didik dalam pembelajaran matematika. Adapun rumusan masalahnya yaitu apakah metode pembelajaran inside-outside circle efektif terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok garis dan sudut kelas VII MTs Al-Ma’arif Gembong tahun pelajaran 2011/ 2012?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran inside-outside circle terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok garis dan sudut kelas VII MTs Al-Ma’arif Gembong tahun pelajaran 2011/ 2012. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 66. Karena jumlah populasi kurang dari 100, maka penelitian yang dilakukan adalah penelitian populasi, dengan kelas VIIA yang terdiri dari 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB yang terdiri dari 34 peserta didik sebagai kelas kontrol. Cara memperoleh datanya dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 70,28 dan kelompok kontrol = 59,62, berarti rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran inside-outside circle lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional (ceramah). Uji hipotesis penelitian ini menggunakan t-tes pihak kanan. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 3,886, sedangkan t tabel =1.67. Karena thitung > t tabel, maka perbedaan rata-rata tersebut signifikan. Sedangkan dari hasil analisis deskriptif efektivitas diperoleh jumlah peserta didik yang tuntas KKM di kelas eksperimen sebanyak 24 dan di kelas kontrol sebanyak 11 peserta didik dan untuk skor total keefektifan kelas eksperimen adalah 8, sementara kelas kontrol adalah 5 dari skor maksimal 10. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran inside-outside circle efektif terhadap hasil belajar Matematika materi pokok garis dan sudut kelas VII MTs Al-Ma’arif Gembong tahun pelajaran 2011/ 2012.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Inside-Outside Circle; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Dec 2013 06:39
Last Modified: 03 Dec 2013 06:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/391

Actions (login required)

View Item View Item