Efektivitas metode pembelajaran inside-outside circle terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok garis dan sudut kelas VII MTs Al-Ma’arif Gembong tahun pelajaran 2011/ 2012
Rohmah, Hani'atur (2012) Efektivitas metode pembelajaran inside-outside circle terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok garis dan sudut kelas VII MTs Al-Ma’arif Gembong tahun pelajaran 2011/ 2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083511016_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
083511016_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (58kB) | Preview
083511016_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (150kB) | Preview
083511016_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (132kB) | Preview
083511016_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (112kB) | Preview
083511016_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (24kB) | Preview
083511016_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (30kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan minat peserta didik dalam pembelajaran matematika. Adapun rumusan masalahnya yaitu apakah metode pembelajaran inside-outside circle efektif terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok garis dan sudut kelas VII MTs Al-Ma’arif Gembong tahun pelajaran 2011/ 2012?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran inside-outside circle terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok garis dan sudut kelas VII MTs Al-Ma’arif Gembong tahun pelajaran 2011/ 2012.
Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 66. Karena jumlah populasi kurang dari 100, maka penelitian yang dilakukan adalah penelitian populasi, dengan kelas VIIA yang terdiri dari 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB yang terdiri dari 34 peserta didik sebagai kelas kontrol. Cara memperoleh datanya dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes.
Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 70,28 dan kelompok kontrol = 59,62, berarti rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran inside-outside circle lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional (ceramah). Uji hipotesis penelitian ini menggunakan t-tes pihak kanan. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 3,886, sedangkan t tabel =1.67. Karena thitung > t tabel, maka perbedaan rata-rata tersebut signifikan. Sedangkan dari hasil analisis deskriptif efektivitas diperoleh jumlah peserta didik yang tuntas KKM di kelas eksperimen sebanyak 24 dan di kelas kontrol sebanyak 11 peserta didik dan untuk skor total keefektifan kelas eksperimen adalah 8, sementara kelas kontrol adalah 5 dari skor maksimal 10. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran inside-outside circle efektif terhadap hasil belajar Matematika materi pokok garis dan sudut kelas VII MTs Al-Ma’arif Gembong tahun pelajaran 2011/ 2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Inside-Outside Circle; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 03 Dec 2013 06:39 |
Last Modified: | 05 Jun 2021 07:12 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/391 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year