Penerapan strategi pembelajaran Quantum Playing untuk meningkatkan kreatifitas anak di TK Islam Hidayatul Mubtadi-ien Tambakharjo Semarang tahun pelajaran 2014-2015

Zahro’, Fatimatuz (2014) Penerapan strategi pembelajaran Quantum Playing untuk meningkatkan kreatifitas anak di TK Islam Hidayatul Mubtadi-ien Tambakharjo Semarang tahun pelajaran 2014-2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
0833111127_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111127_bab1.pdf - Accepted Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111127_bab2.pdf - Accepted Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111127_bab3.pdf - Accepted Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111127_bab4.pdf - Accepted Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111127_bab5.pdf - Accepted Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111127_bibliografi.pdf - Accepted Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan strategi pembelajaran quantum playing untuk meningkatkan kreatifitas anak. Kajiannya dilatarbelakangi oleh penerapan strategi pembelajaran quantum playing sebagai salah satu metode pembelajaran di TK Islam Hidayatul Mubtadi-ien yang pada umumnya hanya dipandang sebagai sebuah permainan tanpa adanya sisipan keilmuan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: uraian latar belakang masalah tersebut dapat penulis rumuskan beberapa masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum Paying di TK Islam Hidayatul Mubtadi-ien Tambakharjo Semarang Tahun Pelajaran 2014-2015? 2) Bagaimana Kreatifitas Peserta Didik di TK Islam Hidayatul Mubtadi-ien Tambakharjo Semarang Tahun Pelajaran 2014-2015? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di TK Islam Hidayatul Mubtadi-ien Tambakharjo Semarang. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan strategi pembelajaran quantum playing. Datanya diperoleh melalui wawancara bebas, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan sosiologis dan analisis deskriptif menggunakan logika induksi. Kajian ini menunjukkan bahwa: Terdapat macam-macam permainan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil dari penerapan strategi pembelajaran quantum playing terhadap proses pembelajaran adalah anak-anak lebih aktif dalam belajar, anak-anak mudah menyerap materi-materi pengembangan. Penilaian hasil belajar dilakukan dengan melihat sikap, proses dan hasil karya anak. Berdasarkan hasil data nilai-nilai harian yang ditemukan peneliti dan juga keterangan dari sejumlah guru TK Islam Hidayatul Mubtadi-ien Tambakharjo Semarang, TK Islam Hidayatul Mubtadi-ien Tambakharjo Semarang tergolong sangat kreatif dan berkembang sesuai dengan yang diharapkan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Kreativitas anak; Quantum Playing
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: H. Mursid, M. Ag.; Lutfiyah, M. Si.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 29 Apr 2015 09:42
Last Modified: 29 Apr 2015 09:42
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3999

Actions (login required)

View Item View Item