Penerapan strategi pembelajaran Quantum Playing untuk meningkatkan kreatifitas anak di TK Islam Hidayatul Mubtadi-ien Tambakharjo Semarang tahun pelajaran 2014-2015
Zahro’, Fatimatuz (2014) Penerapan strategi pembelajaran Quantum Playing untuk meningkatkan kreatifitas anak di TK Islam Hidayatul Mubtadi-ien Tambakharjo Semarang tahun pelajaran 2014-2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
0833111127_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (619kB) | Preview
083111127_bab1.pdf - Accepted Version
Download (261kB) | Preview
083111127_bab2.pdf - Accepted Version
Download (312kB) | Preview
083111127_bab3.pdf - Accepted Version
Download (109kB) | Preview
083111127_bab4.pdf - Accepted Version
Download (253kB) | Preview
083111127_bab5.pdf - Accepted Version
Download (55kB) | Preview
083111127_bibliografi.pdf - Accepted Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas penerapan strategi pembelajaran quantum playing untuk meningkatkan kreatifitas anak. Kajiannya dilatarbelakangi oleh penerapan strategi pembelajaran quantum playing sebagai salah satu metode pembelajaran di TK Islam Hidayatul Mubtadi-ien yang pada umumnya hanya dipandang sebagai sebuah permainan tanpa adanya sisipan keilmuan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: uraian latar belakang masalah tersebut dapat penulis rumuskan beberapa masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum Paying di TK Islam Hidayatul Mubtadi-ien Tambakharjo Semarang Tahun Pelajaran 2014-2015? 2) Bagaimana Kreatifitas Peserta Didik di TK Islam Hidayatul Mubtadi-ien Tambakharjo Semarang Tahun Pelajaran 2014-2015? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di TK Islam Hidayatul Mubtadi-ien Tambakharjo Semarang. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan strategi pembelajaran quantum playing. Datanya diperoleh melalui wawancara bebas, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan sosiologis dan analisis deskriptif menggunakan logika induksi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: Terdapat macam-macam permainan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil dari penerapan strategi pembelajaran quantum playing terhadap proses pembelajaran adalah anak-anak lebih aktif dalam belajar, anak-anak mudah menyerap materi-materi pengembangan. Penilaian hasil belajar dilakukan dengan melihat sikap, proses dan hasil karya anak. Berdasarkan hasil data nilai-nilai harian yang ditemukan peneliti dan juga keterangan dari sejumlah guru TK Islam Hidayatul Mubtadi-ien Tambakharjo Semarang, TK Islam Hidayatul Mubtadi-ien Tambakharjo Semarang tergolong sangat kreatif dan berkembang sesuai dengan yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: H. Mursid, M. Ag.; Lutfiyah, M. Si. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran; Kreativitas anak; Quantum Playing |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 29 Apr 2015 09:42 |
Last Modified: | 29 Apr 2015 09:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3999 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year