Penerapan strategi inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem pencernaan makanan manusia pada siswa kelas V MI NU 32 Bebengan tahun pelajaran 2014/2015

Lestari, Sri (2014) Penerapan strategi inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem pencernaan makanan manusia pada siswa kelas V MI NU 32 Bebengan tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911178_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911178_bab1.pdf - Accepted Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911178_bab2.pdf - Accepted Version

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911178_bab3.pdf - Accepted Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911178_bab4.pdf - Accepted Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911178_bab5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911178_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (84kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA materi sistem pencernaan makanan manusia pada siswa kelas V MI NU 32 Bebengan. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian, guru kelas V hanya menggunakan model pembelajaran ceramah dalam menyampaikan materi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V MI NU 32 Bebengan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan strategi Inquiry. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI NU 32 Bebengan sejumlah 9 siswa. Kegiatan perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan dalam 2 siklus melalui penerapan strategi Inquiry menunjukkan keberhasilan. Sebelum diadakan perbaikan pembelajaran, ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran pra siklus adalah 55,56%. Setelah diadakan perbaikan pembelajaran siklus I, ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 66,67% namun masih belum sesuai kriteria ketuntasan yang diharapkan. Pada perbaikan pembelajaran siklus II, ketuntasan belajar siswa menjadi 100%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan strategi Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas V MI NU 32 Bebengan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Hasil belajar; IPA; Sains untuk sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Hj. Malikhatul Hidayah, ST., M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jun 2015 06:08
Last Modified: 08 Jun 2015 06:08
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4121

Actions (login required)

View Item View Item