Penerapan strategi inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem pencernaan makanan manusia pada siswa kelas V MI NU 32 Bebengan tahun pelajaran 2014/2015
Lestari, Sri (2014) Penerapan strategi inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem pencernaan makanan manusia pada siswa kelas V MI NU 32 Bebengan tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
133911178_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (851kB) | Preview
133911178_bab1.pdf - Accepted Version
Download (168kB) | Preview
133911178_bab2.pdf - Accepted Version
Download (358kB) | Preview
133911178_bab3.pdf - Accepted Version
Download (140kB) | Preview
133911178_bab4.pdf - Accepted Version
Download (351kB) | Preview
133911178_bab5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
133911178_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (84kB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA materi sistem pencernaan makanan manusia pada siswa kelas V MI NU 32 Bebengan. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian, guru kelas V hanya menggunakan model pembelajaran ceramah dalam menyampaikan materi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V MI NU 32 Bebengan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan strategi Inquiry. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI NU 32 Bebengan sejumlah 9 siswa.
Kegiatan perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan dalam 2 siklus melalui penerapan strategi Inquiry menunjukkan keberhasilan. Sebelum diadakan perbaikan pembelajaran, ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran pra siklus adalah 55,56%. Setelah diadakan perbaikan pembelajaran siklus I, ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 66,67% namun masih belum sesuai kriteria ketuntasan yang diharapkan. Pada perbaikan pembelajaran siklus II, ketuntasan belajar siswa menjadi 100%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan strategi Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas V MI NU 32 Bebengan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Hj. Malikhatul Hidayah, ST., M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran; Hasil belajar; IPA; Sains untuk sekolah dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 08 Jun 2015 06:08 |
Last Modified: | 08 Jun 2015 06:08 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4121 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year