Upaya meningkatkan hasil belajar Matematika melalui metode demonstrasi dengan bantuan alat peraga garis bilangan pada materi bilangan bulat kelas V di MI NU 16 Kaligading

Sururi, Sururi (2014) Upaya meningkatkan hasil belajar Matematika melalui metode demonstrasi dengan bantuan alat peraga garis bilangan pada materi bilangan bulat kelas V di MI NU 16 Kaligading. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911180_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911180_bab1.pdf - Accepted Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911180_bab2.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911180_bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911180_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911180_bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911180_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika materi operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas V MI NU 16 Kaligading. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian, guru kelas V hanya menggunakan model pembelajaran ceramah, dan belum menggunakan alat peraga dalam menyampaikan materi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode demonstrasi menggunakan alat peraga garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V MI NU 16 Kaligading. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI NU 16 Kaligading sejumlah 19 siswa. Kegiatan perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan dalam 2 siklus melalui penerapan metode demonstrasi menggunakan alat peraga garis bilangan menunjukkan keberhasilan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes formatif pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 6,53 dengan ketuntasan belajar 63% dan hasil tes formatif pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 7,26 dengan ketuntasan belajar 84,2%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi menggunakan alat peraga garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas V MI NU 16 Kaligading. Kata Kunci : Matematika, metode demonstrasi, hasil belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Matematika untuk sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Budi Cahyono, M. Si.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jun 2015 06:11
Last Modified: 08 Jun 2015 06:11
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4123

Actions (login required)

View Item View Item