Upaya meningkatkan hasil belajar siswa terhadap konsep sifat- sifat benda cair melalui metode eksperimen pada siswa kelas III MI Tholabiyah Gaji Kecamatan Guntur Kabupaten Demak tahun pelajaran 2014/2015

Muslih, Muslih (2014) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa terhadap konsep sifat- sifat benda cair melalui metode eksperimen pada siswa kelas III MI Tholabiyah Gaji Kecamatan Guntur Kabupaten Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911196_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911196_bab1.pdf - Accepted Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911196_bab2.pdf - Accepted Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911196_bab3.pdf - Accepted Version

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911196_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911196_bab5.pdf - Accepted Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911196_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan Hasil Belajar siswa kelas III MI Tholabiyah Gaji pada mata pelajaran IPA khususnya materi Sifat-Sifat Benda Cair. Hal ini di sebabkan karena proses pembelajaran yang bersifat konvensional yakni lebih terpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana penerapan Metode pembelajaran Eksperimen serta untuk peningkatan Hasil Belajar materi Sifat - Sifat Benda Cair setelah pembelajaran IPA dengan Metode pembelajaran Eksperimen. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui 2 siklus dengan tahapan dari setiap siklusnya adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Tehnik pengumpulan data yang di gunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA dengan Metode pembelajaran Eksperimen secara umum berlangsung kondusif, siswa menunjukkan respon positif, serta terdapat peningkatan Hasil Belajar materi Sifat - Sifat Benda Cair pada setiap siklus selama berlangsung. Peningkatan Hasil Belajar materi Sifat - Sifat Benda Cair tersebut di buktikan dengan nilai siswa setiap siklus. Nilai rata - rata kelas pada siklus I adalah 73.39, dan pada siklus II adalah 82.32. Jadi, penerapan Metode Eksperimen dapat meningkatkan Hasil Belajar materi Sifat - Sifat Benda Cair di kelas III MI Tholabiyah Gaji tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan halt ersebut, di harapkan guru dapat menerapkan Metode pembelajaran Eksperimen dengan perencanaan dan pelaksanaan yang baik agar Hasil Belajar materi Sifat - Sifat Benda Cair dapat meningkat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Hasil belajar; Sains untuk sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Nur Hayati, M. Si.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jun 2015 10:00
Last Modified: 17 Jun 2015 10:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4144

Actions (login required)

View Item View Item