Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi lingkungan yang sehat dengan metode simulasi di kelas III MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak semester I tahun pelajaran 2014/2015

Riyadi, Selamet (2014) Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi lingkungan yang sehat dengan metode simulasi di kelas III MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak semester I tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911205_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911205_bab1.pdf - Accepted Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911205_bab2.pdf - Accepted Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911205_bab3.pdf - Accepted Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911205_bab4.pdf - Accepted Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911205_bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911205_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi proses pembelajaran IPA di kelas III MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak masih banyak dikuasai oleh cara-cara tradisional, yaitu guru menyampaikan pelajaran, siswa mendengarkan atau mencatat dan mengerjakan materi. Oleh karena itu, metode pembelajaran picture to picture. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan sejauh mana peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA materi lingkungan yang sehat di kelas III MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015 Tahun Pelajaran 2013/2014setelah menggunakan model picture and picture? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA materi lingkungan yang sehat di kelas III MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015 Tahun Pelajaran 2013/2014 setelah menggunakan model picture and picture, hal ini dapat di lihat dari peningkatan hasil belajar per siklus, pada pra siklus 17 siswa atau 32.5%, pada siklus I ada 28 siswa atau 70% dan pada siklus II tingkat ketuntasannya ada 36 siswa atau 90%, ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan berhasil dan sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan 85% telah terpenuhi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Pelajaran IPA; Sains untuk sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Listyono, M. Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Jun 2015 08:03
Last Modified: 19 Jun 2015 08:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4151

Actions (login required)

View Item View Item