Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi lingkungan yang sehat dengan metode simulasi di kelas III MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak semester I tahun pelajaran 2014/2015
Riyadi, Selamet (2014) Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi lingkungan yang sehat dengan metode simulasi di kelas III MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak semester I tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
133911205_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (435kB) | Preview
133911205_bab1.pdf - Accepted Version
Download (183kB) | Preview
133911205_bab2.pdf - Accepted Version
Download (441kB) | Preview
133911205_bab3.pdf - Accepted Version
Download (106kB) | Preview
133911205_bab4.pdf - Accepted Version
Download (235kB) | Preview
133911205_bab5.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
133911205_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi proses pembelajaran IPA di kelas III MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak masih banyak dikuasai oleh cara-cara tradisional, yaitu guru menyampaikan pelajaran, siswa mendengarkan atau mencatat dan mengerjakan materi. Oleh karena itu, metode pembelajaran picture to picture.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan sejauh mana peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA materi lingkungan yang sehat di kelas III MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015 Tahun Pelajaran 2013/2014setelah menggunakan model picture and picture?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA materi lingkungan yang sehat di kelas III MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015 Tahun Pelajaran 2013/2014 setelah menggunakan model picture and picture, hal ini dapat di lihat dari peningkatan hasil belajar per siklus, pada pra siklus 17 siswa atau 32.5%, pada siklus I ada 28 siswa atau 70% dan pada siklus II tingkat ketuntasannya ada 36 siswa atau 90%, ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan berhasil dan sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan 85% telah terpenuhi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. H. Listyono, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Hasil belajar; Pelajaran IPA; Sains untuk sekolah dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 19 Jun 2015 08:03 |
Last Modified: | 19 Jun 2015 08:03 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4151 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year