Peningkatan hasil belajar IPA materi pokok adaptasi hewan melalui metode picture and picture di kelas V semester I MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak tahun pelajaran 2014/2015

Munadah, Siti (2014) Peningkatan hasil belajar IPA materi pokok adaptasi hewan melalui metode picture and picture di kelas V semester I MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911209_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911209_bab1.pdf - Accepted Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911209_bab.pdf - Accepted Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911209_bab3.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911209_bab4.pdf - Accepted Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911209_bab5.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911209_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (70kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Model Pembelajara IPA di MI Manbaul Ulum. Kajian dilatarbelakangi dengan hasil belajar yang kurang tuntas dikarenakan metode pembelajaran dan metode yang digunakan kurang variatif. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian disekolah tersebut dengan penerapan model pembelajaran baru yaitu metode pembelajaran Picture And Picture dengan media gambar-gambar hewan, untuk meningkatkan hasil belajar. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar siswa Pelajaran IPA melalui Metode Picture And Picture Di MI Manbaul Ulum Tahun Pelajaran 2014/2015?, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui Metode Picture and Picture di MI Manbaul Ulum Tahun Pelajaran 2014/2015? Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas V MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015, dengan jumlah peseta didik 12 putra dan 18 peserta didik putri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencaan (planning), tindakan (acting), observasi (observasing) dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian membuktikan bahwa media gambar-gambar hewan dapat meningkatkan hasil belajar pesrta didik di kelas V MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak. Hal itu dapat terlihat dari data observasi ketuntasan belajar peserta didik Pada siklus I dari 30 peserta didik hasil belajar kognitif nilai rata-rata yang diperoleh masih 66,dengan ketuntasan belajar hanya 50%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 82 dengan ketuntasan belajar mencapai 90%, hasil belajar afektif siklus I ketuntasan klasikal hanya 63% dalam kategori cukup, siklus II naik menjadi 83% dalam kategori baik, hasil belajar psikomotorik siklus I ketuntasan klasikal hanya 78% dalam kategori cukup terampil, pada siklus II 94% kategori terampil. Simpulan penelitian ini adalah media gambar-gambar hewan sebagai solusi yang efektif karena terbukti mampu meningkatkan ketuntasan hasil belajar peserta didik materi IPA kelas V di MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak secara signifikan. Maka dari itu, disarankan dapat dimanfaatkan sebagai sebagai masukan atau bahan pertimbangan guru, khususnya pada mata pelajaran IPA.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Metode pembelajaran; Sains untuk sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Drs. Listiyono, M.Pd.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Jun 2015 08:48
Last Modified: 19 Jun 2015 08:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4155

Actions (login required)

View Item View Item