Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik semester 1 kelas VII A MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok persamaan linear satu variabel melalui pembelajaran numbered head together (NHT).

Murni, Siti (2010) Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik semester 1 kelas VII A MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok persamaan linear satu variabel melalui pembelajaran numbered head together (NHT). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
6351137.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada pembelajaran materi pokok persamaan linear satu variabel peserta didik semester genap kelas VIIA MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang tahun pelajaran 2009/2010. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observassi, dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik rata-rata kelas 6,1 dan ketuntasan belajar 75%. Pada penelitian tindakan kelas ini dirancang 2 (dua) siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus ada 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Pada Siklus 1 dilaksanakan dua pertemuan dan Siklus 2 dilaksanakan dengan dua pertemuan. Pada tahap siklus I setelah dilaksanakan tindakan rata-rata keaktifan peserta didik sebesar 64,35%, dan nilai rata-rata peserta didik 71,35 dengan ketuntasan belajar klasikal 74,07%. Kemudian pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan rata-rata keaktifan peserta didik sebesar 76,34%, nilai rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu mencapai 79,11 dengan ketuntasan belajar klasikal 85,71%. Dari dua tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik semester genap kelas VIIA MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok persamaan linear satu variabel.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Matematika; Persamaan Linear; Metode pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Additional Information: Pembimbing: Saminanto, S. Pd., M. Sc.; Mursid, M. Ag.
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 05 Nov 2015 10:03
Last Modified: 05 Nov 2015 10:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4641

Actions (login required)

View Item View Item