Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik semester 1 kelas VII A MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok persamaan linear satu variabel melalui pembelajaran numbered head together (NHT).
Murni, Siti (2010) Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik semester 1 kelas VII A MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok persamaan linear satu variabel melalui pembelajaran numbered head together (NHT). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
6351137.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada pembelajaran materi pokok persamaan linear satu variabel peserta didik semester genap kelas VIIA MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang tahun pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang tahun pelajaran 2009/2010. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observassi, dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik rata-rata kelas 6,1 dan ketuntasan belajar 75%.
Pada penelitian tindakan kelas ini dirancang 2 (dua) siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus ada 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Pada Siklus 1 dilaksanakan dua pertemuan dan Siklus 2 dilaksanakan dengan dua pertemuan. Pada tahap siklus I setelah dilaksanakan tindakan rata-rata keaktifan peserta didik sebesar 64,35%, dan nilai rata-rata peserta didik 71,35 dengan ketuntasan belajar klasikal 74,07%. Kemudian pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan rata-rata keaktifan peserta didik sebesar 76,34%, nilai rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu mencapai 79,11 dengan ketuntasan belajar klasikal 85,71%. Dari dua tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT).
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik semester genap kelas VIIA MTs Uswatun Hasanah Mangkang Semarang tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok persamaan linear satu variabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Matematika; Persamaan Linear; Metode pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 05 Nov 2015 10:03 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 08:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4641 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year