Analisis miskonsepsi siswa menggunakan pendekatan kognitif menurut teori Piaget pada materi optik kelas VIII MTs NU Mu'allimat Kudus

Salamah, Arifatul Ahla Ainus (2015) Analisis miskonsepsi siswa menggunakan pendekatan kognitif menurut teori Piaget pada materi optik kelas VIII MTs NU Mu'allimat Kudus. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103611030.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Miskonsepsi atau salah konsep menunjukkan yang menunjukkan konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah atau pengertian yang diterima para pakar dalam bidang tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya miskonsepsi yang terjadi pada materi optik terhadap siswa kelas VIII C di MTs NU Mu’allimat Kudus dengan menggunakan pendekatan kognitif teori Piaget. Pendekatan kognitif Piaget yang terdiri dari asimilasi, akomodasi dan equilibrasi dapat membantu mengubah adanya miskonsespsi yang terjadi pada siswa kelas VIII C MTs NU Mu’allimat Kudus pada materi optik. Penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu, metode observasi, metode wawancara dan metode tes. Analisis data hasil penelitian, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu, pertama reduksi, kedua penyajian data dan ketiga menarik kesimpulan atau verifikasi. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIII MTs NU Mu’allimat Kudus telah mengalami miskonsepsi materi optik yaitu: pada hukum pemantulan cahaya, pada pembentukan dan sifat yang dihasilkan pada cermin datar, hukum pembiasan cahaya, proses pembentukan bayangan dan sifat yang terbentuk dalam cermin lengkung (cekung dan cembung) dan pada proses pembentukan bayangan pada lensa. Faktor-faktor yang mempengaruhi miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas VIII C yaitu: kemampuan kognitif yang rendah, minat belajar yang rendah, kesalahan pada gambar yang tidak disertai dengan penjelasan yang tepat, guru yang mengajar hanya dengan menggunakan metode ceramah dan mengerjakan evaluasi soal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi; Pendekatan Kognitif; Optik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 535 Light and paraphotic phenomena
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Additional Information: Pembimbing : Nadhifah, S.Th.I., M.S.I.; Andi Fadlan, S. Si. M. Sc.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 15 Feb 2016 06:11
Last Modified: 15 Feb 2016 06:11
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5002

Actions (login required)

View Item View Item