Analisis proses berfikir dalam pemecahan masalah matematika Polya pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bangsri Jepara berdasarkan tipe kepribadian

Rahimayanti, Tri Yanuar (2016) Analisis proses berfikir dalam pemecahan masalah matematika Polya pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bangsri Jepara berdasarkan tipe kepribadian. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123511076.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang proses berfikir siswa tipe kepribadian koleris, melankolis, plagmatis, dan sanguitis dalam pemecahan masalah Polya. Kajian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan : Bagaimana proses berfikir siswa tipe koleris, melankolis, plagmatis, dan sanguitis dalam pemecahan masalah Polya? Sedangkan tujuan penelitian yaitu mengetahui proses befikir siswa tipe koleris, melankolis, plagmatis, dan sanguitis dalam pemecahan masalah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian diambil dari siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bangsri dengan cara purposive sampling. Subyek penelitian sejumlah tiga siswa dari masing-masing tipe kepribadian. Data penelitian berwujud data tertulis dan lisan. Data tertulis diperoleh dari hasil pekerjaan siswa pada instrument pemecahan masalah dan instrument penggolongan tipe kepribadian. Data lisan diperoleh dari hasil wawancara subyek. Kemudian data dianalisis dengan teknik reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan berdasarkan indikator proses berfikir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tipe koleris melakukan proses berfikir asimilasi dan abstraksi dalam memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, dan memeriksa kembali jawaban, (2) tipe melankolis melakukan proses berfikir asimilasi pada langkah memahami masalah, proses berfikir asimilasi dan abstraksi dalam langkah merencanakan pemecahan dan melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan proses berfikir asimilasi dalam langkah memeriksa kembali jawaban, (3) tipe plagmatis melakukan proses berfikir asimilasi dalam memahami masalah, proses berfikir asimilasi dan abstraksi dalam merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali jawaban, dan (4) tipe sanguitis melakukan proses berfikir asimilasi dalam memahami masalah, proses berfikir asimilasi dan abstraksi dalam merencanakan pemecahan masalah, dan proses berfikir asimilasi dalam melaksanakan rencana dan memeriksa kembali jawaban.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Proses berfikir; Pemecahan masalah matematika; Kepribadian siswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Additional Information: pembimbing: Yulia Romadiastri, S. Si., M. Sc.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 06 Oct 2016 02:46
Last Modified: 06 Oct 2016 02:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5913

Actions (login required)

View Item View Item