Pengaruh Persepsi Siswa pada Mata Pelajaran PAI terhadap Perilaku Keagamaan Siswa di SMPN 2 Ggrobogan Tahun Pelajaran 2012/2013.

Ulviana, Anna (2013) Pengaruh Persepsi Siswa pada Mata Pelajaran PAI terhadap Perilaku Keagamaan Siswa di SMPN 2 Ggrobogan Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111054_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111054_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111054_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111054_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111054_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111054_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111054_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (19kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh persepsi siswa pada mata pelajaran PAI terhadap perilaku keagamaan di SMPN 2 Tanggungharjo Grobogan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) persepsi siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Tanggungharjo Grobogan tahun 2012/2013. 2) perilaku keagamaan di SMPN 2 Tanggungharjo Grobogan tahun pelajaran 2012/2013. 3) pengaruh persepsi siswa pada mata pelajaran PAI terhadap perilaku keagamaan di SMPN 2 Tanggungharjo Grobogan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang disebarkan kepada 60 responden untuk memperoleh data variabel (X) dan variabel (Y). Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dan analisis lanjut. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) persepsi siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Tanggungharjo Grobogan tahun pelajaran 2012/2013 termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata–rata 58,08 berada pada interval nilai 54,67 – 61,49. 2) perilaku keagamaan di SMPN 2 Tanggungharjo Grobogan tahun pelajaran 2012/2013 termasuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 67,32 berada pada interval nilai 64,43 – 70,21. 3) Berdasarkan uji hipotesis diketahui ada pengaruh antara persepsi siswa pada mata pelajaran PAI terhadap perilaku keagamaan di SMPN 2 Tanggungharjo Grobogan tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi dan korelasional bahwa persepsi siswa pada mata pelajaran PAI berpengaruh dengan perilaku keagamaan ,yaitu sebesar 0,642 sehingga pada taraf signifikan 5% didapatkan 0,254 dan taraf signifikan 1% didapatkan adalah 0,330. Karena > , maka hasilnya signifikan. Hal itu juga dibuktikan dengan persamaan garis regresi = 0,536 + 36,209 dengan hasil sebesar 40,642. Karena hasil lebih besar dari baik pada taraf signifikansi 5% yaitu 4,00 dan taraf signifikansi 1% yaitu 7,08, maka hasilnya juga menunjukkan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak terutama bagi SMPN 2 Tanggungharjo terutama bagi guru dan siswa. Dan diharapkan kepada semua pihak yang berkaitan dengan SMPN 2 Tanggungharjo mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan ajaran Islam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa; Pendidikan Agama Islam (PAI); Perilaku Keagamaan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 06 Dec 2013 03:53
Last Modified: 06 Dec 2013 03:53
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item View Item