Pengaruh Persepsi Siswa pada Mata Pelajaran PAI terhadap Perilaku Keagamaan Siswa di SMPN 2 Ggrobogan Tahun Pelajaran 2012/2013.
Ulviana, Anna (2013) Pengaruh Persepsi Siswa pada Mata Pelajaran PAI terhadap Perilaku Keagamaan Siswa di SMPN 2 Ggrobogan Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083111054_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (875kB) | Preview
083111054_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (34kB) | Preview
083111054_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (193kB) | Preview
083111054_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (48kB) | Preview
083111054_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (221kB) | Preview
083111054_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (20kB) | Preview
083111054_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (19kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh persepsi siswa pada mata pelajaran PAI terhadap perilaku keagamaan di SMPN 2 Tanggungharjo Grobogan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) persepsi siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Tanggungharjo Grobogan tahun 2012/2013. 2) perilaku keagamaan di SMPN 2 Tanggungharjo Grobogan tahun pelajaran 2012/2013. 3) pengaruh persepsi siswa pada mata pelajaran PAI terhadap perilaku keagamaan di SMPN 2 Tanggungharjo Grobogan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi.
Pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang disebarkan kepada 60 responden untuk memperoleh data variabel (X) dan variabel (Y). Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dan analisis lanjut.
Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) persepsi siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Tanggungharjo Grobogan tahun pelajaran 2012/2013 termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata–rata 58,08 berada pada interval nilai 54,67 – 61,49. 2) perilaku keagamaan di SMPN 2 Tanggungharjo Grobogan tahun pelajaran 2012/2013 termasuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 67,32 berada pada interval nilai 64,43 – 70,21. 3) Berdasarkan uji hipotesis diketahui ada pengaruh antara persepsi siswa pada mata pelajaran PAI terhadap perilaku keagamaan di SMPN 2 Tanggungharjo Grobogan tahun pelajaran 2012/2013.
Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi dan korelasional bahwa persepsi siswa pada mata pelajaran PAI berpengaruh dengan perilaku keagamaan ,yaitu sebesar 0,642 sehingga pada taraf signifikan 5% didapatkan 0,254 dan taraf signifikan 1% didapatkan adalah 0,330. Karena > , maka hasilnya signifikan. Hal itu juga dibuktikan dengan persamaan garis regresi = 0,536 + 36,209 dengan hasil sebesar 40,642. Karena hasil lebih besar dari baik pada taraf signifikansi 5% yaitu 4,00 dan taraf signifikansi 1% yaitu 7,08, maka hasilnya juga menunjukkan signifikan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak terutama bagi SMPN 2 Tanggungharjo terutama bagi guru dan siswa. Dan diharapkan kepada semua pihak yang berkaitan dengan SMPN 2 Tanggungharjo mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan ajaran Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa; Pendidikan Agama Islam (PAI); Perilaku Keagamaan |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 06 Dec 2013 03:53 |
Last Modified: | 06 Dec 2013 03:53 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/607 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year