Keefektifan model pembelajaran better teaching and learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Hasanuddin 06 Semarang materi Gerak Lurus tahun pelajaran 2015/2016

Kurniawan, Muhammad Ismail (2016) Keefektifan model pembelajaran better teaching and learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Hasanuddin 06 Semarang materi Gerak Lurus tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CHAPTER I.pdf - Accepted Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CHAPTER II.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
CHAPTER III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
CHAPTER IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
CHAPTER V.pdf - Accepted Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIBILIOGRAPHY.pdf - Bibliography

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
APPENDIX.pdf - Supplemental Material

Download (5MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Better Teaching and Learning (BTL) bertujuan mengembangkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Langkah-langkah model pembelajaran BTL yaitu, Introduction, Connection, Application, Reflection, dan Extension (ICARE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran BTL efektif meningkatkan kemampuan berfikir peserta didik kelas VII SMP Hasanuddin 06 Semarang materi gerak lurus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Bentuk desain yang digunakan adalah quasi experimental, sehingga dalam penentuan sampel penelitian tidak dipilih secara acak tetapi semua populasi dijadikan sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Hasanuddin 06 Semarang tahun pelajaran 2015/2016 dengan melibatkan sampel sebanyak 54 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi,tes dan wawancara. Dokumentasi dari nilai ulangan harian fisika materi kalor digunakan untuk uji homogenitas dan uji normalitas sampel, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil posttest diuji dengan menggunakan uji-t diperoleh = 2,42 sedangkan = 1,68 Karena berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan pembelajaran menggunakan model BTL efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Hasanuddin 06 Semarang tahun pelajaran 2015/2016.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Better teaching and learning; Berpikir kritis; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Additional Information: Pembimbing : Dr. Abdul Rohman , M. Ag.; Dr. Hamdan Hadi Kusuma, M. Sc.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 08 Dec 2016 06:23
Last Modified: 08 Dec 2016 06:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6174

Actions (login required)

View Item View Item