Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi energi bunyi melalui model student teams achievement divisions (STAD) di kelas IV Semester II MI NU Cepiring Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2015/2016

Rochmah, Umu (2016) Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi energi bunyi melalui model student teams achievement divisions (STAD) di kelas IV Semester II MI NU Cepiring Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf - Accepted Version

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya pada kelas IV MI NU Cepiring kurang diminati para peserta didik dikarenakan metode pembelajaran yang kurang menarik, efektif dan efisien, sehingga hasil ulangan tes formatif masih di bawah KKM. Maka guru mata pelajaran IPA harus mengubah metode pembelajaran menjadi metode yang aktif, inovatif, kreatif dan mengasyikkan, yaitu dengan menggunakan metode STAD. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi energi bunyi melalui metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) di kelas IV semester II MI NU Cepiring Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data penelitian ini diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan indikator keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran melalui pembelajaran IPA cooperative learning tipe STAD. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas hasil belajar dengan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV semester II pada materi energi bunyi MI NU Cepiring Kabupaten Kendal. Pada pra siklus dengan rata-rata hasil belajar 64 dengan ketuntasan belajar 46,67%. Rata-rata hasil belajar pada siklus I 72 dengan ketuntasan belajar 60% dan pada siklus II rata-rata hasil belajar 80 dengan ketuntasan belajar 93,33%. Model pembelajaran STAD perlu dilaksanakan oleh guru kelas karena dengan model pembelajaran ini peserta didik merasa aktif dan terlatih untuk bekerja sama dengan orang lain dalam kelompoknya. Bagi yang ingin menerapkan model STAD hendaknya mempersiapkan secara matang materi yang akan disampaikan dan mampu mengelola kelas sehingga hasil dapat dicapai secara maksimal

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; student teams achievement divisions (STAD); Hasil belajar; Sains untuk pendidikan dasar; Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Agus Sudarmanto, M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Dec 2016 04:22
Last Modified: 24 Dec 2016 04:22
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6242

Actions (login required)

View Item View Item