Fenomena narsisme di kalangan siswi SMK Ma’arif Tunjungan Blora dan solusi penanganannya dengan bimbingan dan konseling Islam

Yaqin, Habib Imantrika Ainul (2016) Fenomena narsisme di kalangan siswi SMK Ma’arif Tunjungan Blora dan solusi penanganannya dengan bimbingan dan konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya fenomena narsisme yang ada di kalangan siswi SMK Ma’arif Tunjungan Blora. Sebagai rumusan masalah: Bagaimana perilaku narsisme di kalangan siswi SMK Ma’arif Tunjungan Blora? Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi perilaku narsisme di kalangan siswi SMK Ma’arif Tunjungan Blora? Bagaimana solusi penanganan perilaku narsisme di kalangan siswi SMK Ma’arif Tunjungan Blora dengan bimbingan dan konseling Islam? Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru BK dan siswi SMK Ma’arif Tunjungan Blora. Sedangkan objek penelitian ini adalah proses pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam terhadap fenomena narsisme di kalangan siswi SMK Ma’arif Tunjungan Blora. Metode pengumpulan data yang dipakai yaitu interview, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah antara lain: 1). Perilaku narsisme yang dialami oleh siswi SMK Ma’arif Tunjungan Blora ditandai dengan memandang dirinya secara berlebihan, menganggap dirinya yang paling istimewa, kurang memiliki sifat empati, suka foto selfie dan ingin mendapatkan perhatian dan pujian dari orang lain. 2). Faktor penyebab siswi SMK Ma’arif Tunjungan Blora berperilaku narsisme yaitu faktor keturunan seperti: temperamen yang sensitif sejak lahir dan penilaian yang berlebihan dari orang tua, dan faktor lingkungan seperti: berharap mendapatkan pujian, sering selfie, lingkungan pergaulan, dan media sosial. 3). Solusi penanganan perilaku narsisme dengan menggunakan bimbingan dan konseling Islam dilakukan secara klasikal. Layanan bimbingan klasikal tersebut, dapat memanfaatkan terapi kognitif dan pendekatan psikodinamik dengan tujuan membantu siswi SMK Ma’arif Tunjungan Blora merubah pola pikir, sikap dan perilaku, sehingga perilaku narsisme mereka dapat diminimalisir.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Narsisme; Bimbingan dan konseling Islam; Remaja
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ali Murtadho, M. Pd.; Ema Hidayanti, M.S.I.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 17 Feb 2017 06:56
Last Modified: 17 Feb 2017 06:56
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6458

Actions (login required)

View Item View Item