Efektivitas discovery learning pada materi pokok laju reaksi terhadap hasil belajar dan kreativitas belajar peserta didik SMK Penerbangan Kartika Aqasa Bhakti Semarang

Andriani, Karina Putri (2016) Efektivitas discovery learning pada materi pokok laju reaksi terhadap hasil belajar dan kreativitas belajar peserta didik SMK Penerbangan Kartika Aqasa Bhakti Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas model pembelajaran discovery learning pada materi pokok laju reaksi terhadap hasil belajar dan kreativitas belajar peserta didik kelas XI SMK Penerbangan Kartika Aqasa Bhakti Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen semu dengan pretest-posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t -test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil uji t -test menunjukkan thitung > t tabel, 2,215 > 1,67 berarti berbeda secara signfikan. Berdasarkan uji N-gain hasil belajar kognitif juga menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan yaitu sebesar 0,72 (tinggi), sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai N-gain sebesar 0,63 (sedang). Sedangkan pada skor skala psikologi kreativitas hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan pada skor skala psikologi yang cukup signifikan yaitu sebesar 0,3 (sedang), kelas kontrol diperoleh nilai N-gain sebesar 0,25 (rendah). Berdasarkan uraian di atas bahwa proses pembelajaran kimia menggunakan dengan model pembelajaran Discovery Learning efektif terhadap hasil belajar kognitif dan cukup efektif terhadap kreativitas belajar peserta didik kelas XI di SMK Penerbangan Kartika Aqasa Bhakti Semarang pada sub materi laju reaksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Hj. Ratih Rizqi Nirwana, S. Si., M. Pd.; Hj. Malikhatul Hidayah, ST., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Discovery learning; Kreativitas belajar; Hasil belajar; Pembelajaran fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 19 May 2017 08:36
Last Modified: 19 May 2017 08:36
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6871

Actions (login required)

View Item View Item