Korelasi antara hasil belajar IPA materi sumber daya alam dengan peduli terhadap lingkungan sekitar peserta didik kelas IV MI Al Ittihad Mandung Wedung Demak semester II tahun pelajaran 2015/2016

Ihsan, Muhammad (2016) Korelasi antara hasil belajar IPA materi sumber daya alam dengan peduli terhadap lingkungan sekitar peserta didik kelas IV MI Al Ittihad Mandung Wedung Demak semester II tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf - Accepted Version

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf - Accepted Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB II.pdf - Accepted Version

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB III.pdf - Accepted Version

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB V.pdf - Accepted Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai Korelasi Antara Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam dengan Peduli Terhadap Lingkungan Sekitar Peserta Didik Kelas IV MI Al Ittihad Mandung Wedung Demak Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan positif antara hasil belajar dengan karakter siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis studi korelasional yang terdiri dari hasil belajar IPA materi sumber daya alam sebagai variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) yaitu peduli terhadap lingkungan sekitar peserta didik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al Ittihad Mandung Wedung Demak Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 25 sampel responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan untuk mengetahui peduli siswa terhadap lingkungan menggunakan teknik angket. Pengujian prasyarat tes dengan menggunakan rumus Point Biseral, sedangkan untuk angket menggunakan skala likert, untuk mengetahui validitas kedua instrument tersebut, maka menggunakan rumus korelasi product moment dengan taraf signifikansi 5%, dan kedua instrument tersebut dapat dikatakan valid apabila rhitung>rtabel. Hasil perhitungan menggunakan rumus product moment dengan n = 25 dan taraf signifikansi 5%, maka diperoleh rhitung = 0,972 sedangkan rtabel = vi 0,396, artinya Ha diterima dan Ho ditolak serta arah korelasinya positif. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara hasil belajar IPA materi sumber daya alam dengan peduli terhadap lingkungan peserta didik kelas IV MI Al Ittihad Mandung Wedung Demak Semester II tahun pelajaran 2015/2016.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Sains untuk pendidikan dasar; Sumber daya alam; Peduli terhadap lingkungan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Alwiyah Nurhayati
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 09 Jun 2017 08:06
Last Modified: 09 Jun 2017 08:06
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6972

Actions (login required)

View Item View Item