Studi korelasi antara dukungan sosial guru dengan self-regulated learning pada siswa kelas IV-VI Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Karimah, ItsnaZayyinatin (2017) Studi korelasi antara dukungan sosial guru dengan self-regulated learning pada siswa kelas IV-VI Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang dukungan sosial guru dan self-regulated learning pada siswa kelas IV-VI Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial guru dengan self-regulated learning pada siswa kelas IV-VI MI Walisongo Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan dengan metode penelitian kuantitatif. Dalam mengumpulkan datanya menggunakan beberapa metode, yaitu metode kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang dipakai dengan menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS versi 19. Hasil penelitian diperoleh nilai rxy = 0,470 (p<0,01). Hal ini menunjukkan bahwaada hubungan positif antara dukungan sosial guru dengan self regulated learning pada siswa kelas IV-VI MI Walisongo Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Semakin tinggi dukungan sosial guru maka akan semakin tinggi self regulated learning pada siswa kelas IV-VI MI Walisongo Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016, demikian pula sebaliknya, sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, guru kelas IV-VI MI Walisongo Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016diharapkan agar semakin meningkatkan dukungan yang diberikan kepada siswa, baik berupa pujian, saran ataupun bantuan langsung ketika siswa mengalami kesulitan dalam menunjukkan self regulated learning.Selain itu, pihak sekolah disarankan agar semakin meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh para guru, sehingga dapat semakin mendukung kegiatan pembelajaran, tidak hanya dari segi penyampaian materi tetapi lebih mampu memahami karakter siswa dan permasalahan yang dihadapinya. Siswa kelas IV-VI MI Walisongo Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 sebagai insan pendidikan juga disarankan agar dapat mempertahankan hubungan baik dengan orangtua, guru dan teman sebaya, dan bersedia meminta saran atas permasalahan yang dialami dalam belajar, sehingga setiap beban ataupun kesulitan yang muncul dalam belajar dapat terasa ringan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMursid, MursidUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dukungan guru; PPembelajaran; Madrasah Ibtidaiyah; Belajar mandiri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : H. Mursid, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 20 Oct 2017 07:47
Last Modified: 20 Oct 2017 07:47
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7416

Actions (login required)

View Item View Item