Manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa SDI Al-Azhar 25 Semarang

Deng, Miss Asiyah (2017) Manajemen kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa SDI Al-Azhar 25 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sebagian anak-anak sekarang bersikap kurang jujur, berbicara kurang sopan, kurang suka mengucap terimakasih, kurang bertanggungjawab, dan bersikap kurang ramah. Permasalahannya bagaimana perencanaan, implementasi, dan evaluasi kurikulum PAI dalam meningkatkan akhlak siswa SDI Al-Azhar 25 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan, menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)Perencanaan dilakukan dalam rencana pembuatan prota, promes, silabus dan RPP, dengan cara menyiapkan materi al-Qur’an/Hadits; (2)Pelaksanaan dilakukan melalui KBM di kelas dan pembiasaan. Proses KBM dilakukan dengan cara mengisikan materi ayat al-Qur’an/Hadits tentang akhlak terpuji, disisipkan dengan cerita tentang tauladan nabi/rasul; (3)Evaluasi dilakukan dengan melihat langsung pelaksanaan kurikulum di kelas dan pengamatan perilaku siswa selama berada di lingkungan sekolah. Simpulan penelitian ini adalah pada tahap perencanaan guru harus matang dalam menyusun RPP, kemudian dalam pelaksanaannya guru harus lebih menekankan pada praktek daripada teori. Adapun evaluasinya harus lebih menekankan pada aspek sikapnya, karena pembelajaran PAI tidak hanya teori, akan tetapi perlu keteladanan dan pembiasaan agar menghasilkan perubahan pada diri siswa di segi intelektual dan sikapnya. Saran dalam penelitian ini, guru PAI hendaknya belajar berbagai model pembelajaran agar dalam pembelajaran akhlak siswa mudah memahami; Ada kerjasama antara pihak sekolah dengan orang tua siswa dalam upaya meningkatkan akhlak agar siswa berakhlakul karimah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFatkuroji, FatkurojiUNSPECIFIED
Thesis advisorSyukur, FatahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Pendidikan agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Additional Information: Pembimbing : Dr. Fatkuroji, M. Pd.; Prof. Dr. H. Fatah Syukur, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Oct 2017 02:15
Last Modified: 27 Oct 2017 02:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7457

Actions (login required)

View Item View Item