Efektivitas model talking stick dan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi pokok energi kelas IV MI Darul Ulum Wates Semarang tahun ajaran 2015/2016

Khafifah, Nur (2017) Efektivitas model talking stick dan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi pokok energi kelas IV MI Darul Ulum Wates Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (644kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Talking Stick dan Media Gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi energi kelas IV MI Darul Ulum Wates Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen yaitu true experimental design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa.
Tehnik pengumpulan data dengan metode dokumentasi untuk memperoleh daftar nama peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan nilai hasil ulangan harian. Selain itu juga menggunakan metode tes yaitu untuk memperoleh data nilai posttest hasil pembelajaran kelas kontrol dan eksperimen. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu soal test di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda kelas uji coba.
Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t-test. Berdasarkan uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh t hitung = 3,966, sedangkan t tabel = 2,00. Karena t hitung > t tabel berarti pembelajaran menggunakan model talking stick dan media gambar efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen = 79,84 dan kelas kontrol = 69,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang menggunakan talking stick dan media gambar efektif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi energi kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Talking stick; Sains untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Oct 2017 03:59
Last Modified: 05 Jun 2021 07:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7467

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics