Efektivitas model talking stick dan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi pokok energi kelas IV MI Darul Ulum Wates Semarang tahun ajaran 2015/2016

Khafifah, Nur (2017) Efektivitas model talking stick dan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi pokok energi kelas IV MI Darul Ulum Wates Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Talking Stick dan Media Gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi energi kelas IV MI Darul Ulum Wates Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen yaitu true experimental design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Tehnik pengumpulan data dengan metode dokumentasi untuk memperoleh daftar nama peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan nilai hasil ulangan harian. Selain itu juga menggunakan metode tes yaitu untuk memperoleh data nilai posttest hasil pembelajaran kelas kontrol dan eksperimen. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu soal test di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda kelas uji coba. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t-test. Berdasarkan uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh t hitung = 3,966, sedangkan t tabel = 2,00. Karena t hitung > t tabel berarti pembelajaran menggunakan model talking stick dan media gambar efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen = 79,84 dan kelas kontrol = 69,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang menggunakan talking stick dan media gambar efektif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi energi kelas IV.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHidayah, MalichatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Talking stick; Sains untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Hj. Malichatul Hidayah, S.T, M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Oct 2017 03:59
Last Modified: 28 Oct 2017 03:59
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7467

Actions (login required)

View Item View Item