Manajemen Pendidikan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang Tahun Ajaran 2011/2012

Firdiyansyah, M. Idrus (2013) Manajemen Pendidikan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083311024_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311024_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311024_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311024_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311024_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311024_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083311024_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (895kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji bagaimana Manajemen Pendidikan Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang. Dengan rumusan masalah penelitian ini yaitu pertama, bagaimanakah pelaksanaan Manajemen Pendidikan Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang. Kedua, bagaimanakah perencanaan Manajemen Pendidikan Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang. Dan ketiga, bagaimanakah evaluasi Manajemen Pendidikan Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan hasil data akhir berupa uraian deskriptif. Metode pengeumpulan data memakai teknik dokumentasi, observasi, wawancara, dan triangulasi data. Adapun teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan yaitu reduksi data, verifikasi data, dan interpretasi. Kesimpulan penelitian meliputi tiga hal yang pertama yaitu perencanaan yang diawali pada bulan juni setiap menjelang ajaran baru yang membahas pelatihan pramuka yang akan di selenggarakan satu tahun mendatang. Kedua, pelaksanaan dilakukan dengan diikuti pembina , pelatih, dan koordinator pramuka. Dengan pelatihan mingguan, persiapan pesta siaga mengikutsertakan siswa dalam lomba ataupun menyiapkan program sebagai sarana performance dari hasil latihan yang sudah dijalankan. Ketiga, evaluasi dilangsungkan dengan menindaklanjuti masukan dari berbagai pihak untuk memperbaiki kegiatan yang telah dilakukan. Rumusan masalah ketercapaian prestasi di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tidak perlu diragukan lagi. Bisa dikatakan setiap mengikuti lomba dari perwakilan sekolah dasar ini selalu meraih piala.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Pramuka; Disiplin; Peserta Didik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 10 Dec 2013 07:48
Last Modified: 10 Dec 2013 07:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item View Item