Manajemen Pendidikan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang Tahun Ajaran 2011/2012
Firdiyansyah, M. Idrus (2013) Manajemen Pendidikan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083311024_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (1MB) | Preview
083311024_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (361kB) | Preview
083311024_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (144kB) | Preview
083311024_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (56kB) | Preview
083311024_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (158kB) | Preview
083311024_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (19kB) | Preview
083311024_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (895kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini mengkaji bagaimana Manajemen Pendidikan Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang. Dengan rumusan masalah penelitian ini yaitu pertama, bagaimanakah pelaksanaan Manajemen Pendidikan Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang. Kedua, bagaimanakah perencanaan Manajemen Pendidikan Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang. Dan ketiga, bagaimanakah evaluasi Manajemen Pendidikan Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan hasil data akhir berupa uraian deskriptif. Metode pengeumpulan data memakai teknik dokumentasi, observasi, wawancara, dan triangulasi data. Adapun teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan yaitu reduksi data, verifikasi data, dan interpretasi.
Kesimpulan penelitian meliputi tiga hal yang pertama yaitu perencanaan yang diawali pada bulan juni setiap menjelang ajaran baru yang membahas pelatihan pramuka yang akan di selenggarakan satu tahun mendatang. Kedua, pelaksanaan dilakukan dengan diikuti pembina , pelatih, dan koordinator pramuka. Dengan pelatihan mingguan, persiapan pesta siaga mengikutsertakan siswa dalam lomba ataupun menyiapkan program sebagai sarana performance dari hasil latihan yang sudah dijalankan. Ketiga, evaluasi dilangsungkan dengan menindaklanjuti masukan dari berbagai pihak untuk memperbaiki kegiatan yang telah dilakukan. Rumusan masalah ketercapaian prestasi di Sekolah Dasar Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang tidak perlu diragukan lagi. Bisa dikatakan setiap mengikuti lomba dari perwakilan sekolah dasar ini selalu meraih piala.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler Pramuka; Disiplin; Peserta Didik |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 10 Dec 2013 07:48 |
Last Modified: | 10 Dec 2013 07:48 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/775 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year