Pengaruh strategi pembelajaran group to group terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok sumber daya alam kelas IV SD Plus Latansa Jogoloyo WonosalamTahun pelajaran 2016/2017

Anggraini, Yeti (2017) Pengaruh strategi pembelajaran group to group terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok sumber daya alam kelas IV SD Plus Latansa Jogoloyo WonosalamTahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
YETI ANGGRAINI___103811025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Pengaruh Strategi Pembelajaran Group To Group Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Sumber Daya Alam Kelas IV di SD Plus Latansa Jogoloyo Wonosalam Tahun Pelajaran 2016/2017. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah ada pengaruh strategi pembelajaran group to group terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok sumber daya alam kelas IV di SD Plus Latansa Jogoloyo Wonosalam Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian sebanyak 48 responden, dalam penelitian ini tidak menggunakan sampel karena semua populasi dijadikan objek penelitian. Pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengenai status sekolah yang diteliti dan data pelaksanaan pembelajaran, dan metode tes untuk mendapatkan data tes. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Dari analisis uji hipotesis diketahui hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran group to group lebih baik dari pada hasil belajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan berdasarkan uji perbedaan rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan diperoleh thitung = 2,632 dan ttabel = 1,6787. Karena Thitung > Ttabel maka ho ditolak dan ha diterima, artinya hasil belajar yang menggunakan strategi pembelajaran group to group lebih baik dari pada hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa strategi pembelajaran group to group efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik materi sumber daya alam kelas IV di SD Plus Latansa Jogoloyo Wonosalam tahun pelajaran 2016/2017.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorIsmail, IsmailUNSPECIFIED
Thesis advisorLianah, LianahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Group to group; Hasil belajar; Pembelajaran sains; Pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 18 May 2018 03:37
Last Modified: 18 May 2018 03:41
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7808

Actions (login required)

View Item View Item