Pengaruh strategi pembelajaran group to group terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok sumber daya alam kelas IV SD Plus Latansa Jogoloyo WonosalamTahun pelajaran 2016/2017

Anggraini, Yeti (2017) Pengaruh strategi pembelajaran group to group terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok sumber daya alam kelas IV SD Plus Latansa Jogoloyo WonosalamTahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of YETI ANGGRAINI___103811025.pdf]
Preview
Text
YETI ANGGRAINI___103811025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Pengaruh Strategi Pembelajaran Group To
Group Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Sumber Daya
Alam Kelas IV di SD Plus Latansa Jogoloyo Wonosalam Tahun Pelajaran
2016/2017. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan:
apakah ada pengaruh strategi pembelajaran group to group terhadap
hasil belajar peserta didik pada materi pokok sumber daya alam kelas
IV di SD Plus Latansa Jogoloyo Wonosalam Tahun Pelajaran 2016/2017?
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam
penelitian sebanyak 48 responden, dalam penelitian ini tidak
menggunakan sampel karena semua populasi dijadikan objek penelitian.
Pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengenai status
sekolah yang diteliti dan data pelaksanaan pembelajaran, dan metode
tes untuk mendapatkan data tes. Data penelitian yang terkumpul
dianalisis dengan menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: Dari analisis uji hipotesis diketahui hasil belajar
dengan menggunakan strategi pembelajaran group to group lebih baik
dari pada hasil belajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini
ditunjukkan berdasarkan uji perbedaan rata-rata satu pihak yaitu pihak
kanan diperoleh thitung = 2,632 dan ttabel = 1,6787. Karena Thitung > Ttabel
maka ho ditolak dan ha diterima, artinya hasil belajar yang
menggunakan strategi pembelajaran group to group lebih baik dari pada
hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil
penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa strategi
pembelajaran group to group efektif dalam meningkatkan hasil belajar
peserta didik materi sumber daya alam kelas IV di SD Plus Latansa
Jogoloyo Wonosalam tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Group to group; Hasil belajar; Pembelajaran sains; Pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 18 May 2018 03:37
Last Modified: 18 May 2018 03:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7808

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics