Penjenjangan tingkat berpikir geometri peserta didik kelas VIII dalam menyelesaikan soal bangun datar berdasarkan teori Van Hieledi SMP Hasanuddin 7 Semarang tahun pelajaran 2016/2017

Mas 'adah, Anis (2017) Penjenjangan tingkat berpikir geometri peserta didik kelas VIII dalam menyelesaikan soal bangun datar berdasarkan teori Van Hieledi SMP Hasanuddin 7 Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
ANI MAS’ADAH___123511020 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tingkat berpikir geometri peserta didik dalam menyelesaikan soal bangun datar. Teori yang digunakan adalah teori Van Hiele yang secara khusus membahas mengenai tingkat berpikir geometri. Kajian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai geometri peserta didik pada kelas VII di SMP Hasanuddin 7 Semarang serta belum adanya pengetahuan guru mengenai tingkat berpikir geometri peserta didiknya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimanakah jenjang tingkat berpikir geometri peserta didik kelas VIII dalam menyelesaikan soal bangun datar berdasarkan teori Van Hiele di SMP Hasanuddin 7 Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017? Sedangkan tujuan penelitiannya yaitu mendeskripsikan penjenjangan tingkat berpikir geometri peserta didik dalam menyelesaikan bangun datar berdasarkan teori Van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Hasanuddin 7 Semarang pada tahun pelajaran 2016/2017 dengan kelas VIII sebagai kelas penelitian. Terdapat dua kelas pada tingkat ini, yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B. Subyek penelitian adalah dua peserta didik dari masing-masing tingkat berpikir geometri yang diambil secara purposive sampling dari kedua kelas. Data dalam penelitian ini berupa data primer yang merupakan hasil tes berpikir geometri peserta didik dan data sekunder yang berkaitan dengan peserta didik. Yang menjadi fokus penelitian ini adalah tingkat berpikir geometri berdasarkan teori Van Hiele. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang dipakai adalah triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. v . Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 51 peserta didik kelas VIII, tingkat berpikir geometri yang dicapai yaitu 15 peserta didik berada pada tingkat visualisasi dengan rincian 6 anak kelas VIII A dan 9 anak kelas VIII B. Terdapat 32 peserta didik berada pada tingkat analisis dengan rincian 15 anak kelas VIII A dan 17 anak kelas VIII B. Sedangkan pada tingkat abstraksi adalah 4 anak yang berasal dari kelas VIII A. Dalam penelitian ini, mayoritas peserta didik kelas VIII berada pada tingkat analisis dengan persentase 63 %. Satu tingkat yang lebih rendah yaitu tingkat visualisasi dengan persentase 29 %. Selanjutnya tingkat dengan persentase paling rendah yaitu abstraksi yang hanya mencapai 8 %. Penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIII mayoritas mencapai tingkat analisis. Peserta didik dengan tingkat analisis mampu memilih, mengelompokkan, dan membedakanbangun datar berdasarkan sifat yang dimilikinya. Peserta didik belum mampu memahami hubungan antara beberapa bangun datar. Peserta didik juga belum mampu memahami pembuktian matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat mengawali penelitian berikutnya yang lebih luas dan mendalam mengenai tingkat berpikir geometri.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorCahyono, BudiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Berpikir geometri; Bangun datar; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 18 May 2018 03:39
Last Modified: 18 May 2018 03:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7809

Actions (login required)

View Item View Item