Pengaruh bekerja ilmiah dalam model pembelajaran POE (predict-observe-explain) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub Tegal tahun tahun pelajaran 2016/2017 pada materi pokok kalor

Mutaqin, Mohamad Izzul (2017) Pengaruh bekerja ilmiah dalam model pembelajaran POE (predict-observe-explain) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub Tegal tahun tahun pelajaran 2016/2017 pada materi pokok kalor. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
MOHAMAD IZZUL MUTAQIN___123611035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya pengaruh bekerja ilmiah dalam model pembelajaran POE (Predict- Observe-Explain) terhadap motivasi belajar peserta didik. (2) adanya pengaruh bekerja ilmiah dalam model pembelajaran POE (Predict- Observe-Explain) terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub Tegal menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang diambil yakni kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes pilihan ganda dan angket motivasi belajar. Data penelitian kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan halhal sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh bekerja ilmiah dalam model pembelajaran POE terhadap motivasi belajar peserta didik dengan t = 4,6, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel = 2,06 pada taraf signifikansi 5%, sehingga thitung > ttabel maka terdapat korelasi yang signifikan dengan koefisien determinasi sebesar 45,7 % sedangkan untuk regresi linier sederhananya Y = 34,12 + 0,65 X. 2) Terdapat pengaruh bekerja ilmiah dalam model pembelajaran POE terhadap hasil belajar peserta didik dengan t = 2,1, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel = 2,06 pada taraf signifikansi 5%, sehingga thitung > ttabel maka terdapat korelasi yang signifikan dengan koefisien determinasi sebesar 11,5 % sedangkan untuk regresi linier sederhananya Y = 54,95 + 0,366 X.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFadlan, AndiUNSPECIFIED
Thesis advisorYuniarti, Wenty DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Predict-Observe-Explain (POE); Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 23 May 2018 08:44
Last Modified: 23 May 2018 08:44
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7815

Actions (login required)

View Item View Item