Pengaruh bekerja ilmiah dalam model pembelajaran POE (predict-observe-explain) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub Tegal tahun tahun pelajaran 2016/2017 pada materi pokok kalor

Mutaqin, Mohamad Izzul (2017) Pengaruh bekerja ilmiah dalam model pembelajaran POE (predict-observe-explain) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub Tegal tahun tahun pelajaran 2016/2017 pada materi pokok kalor. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of MOHAMAD IZZUL MUTAQIN___123611035.pdf]
Preview
Text
MOHAMAD IZZUL MUTAQIN___123611035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya
pengaruh bekerja ilmiah dalam model pembelajaran POE (Predict-
Observe-Explain) terhadap motivasi belajar peserta didik. (2) adanya
pengaruh bekerja ilmiah dalam model pembelajaran POE (Predict-
Observe-Explain) terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub Tegal
menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian posttest
only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas
VII yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang diambil yakni kelas VII A
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol
dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data
dikumpulkan menggunakan instrumen tes pilihan ganda dan angket
motivasi belajar. Data penelitian kemudian dianalisis menggunakan
analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan halhal
sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh bekerja ilmiah dalam
model pembelajaran POE terhadap motivasi belajar peserta didik
dengan t = 4,6, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel = 2,06 pada
taraf signifikansi 5%, sehingga thitung > ttabel maka terdapat korelasi
yang signifikan dengan koefisien determinasi sebesar 45,7 %
sedangkan untuk regresi linier sederhananya Y = 34,12 + 0,65 X. 2)
Terdapat pengaruh bekerja ilmiah dalam model pembelajaran POE
terhadap hasil belajar peserta didik dengan t = 2,1, kemudian
dikonsultasikan dengan ttabel = 2,06 pada taraf signifikansi 5%,
sehingga thitung > ttabel maka terdapat korelasi yang signifikan dengan
koefisien determinasi sebesar 11,5 % sedangkan untuk regresi linier
sederhananya Y = 54,95 + 0,366 X.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Predict-Observe-Explain (POE); Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 23 May 2018 08:44
Last Modified: 15 Dec 2021 11:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7815

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics