Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmetika kelas XI SMA Negeri 1 Wirosari Grobogan

Pratiwi, Risca Dian (2017) Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmetika kelas XI SMA Negeri 1 Wirosari Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmetika di kelas XI MIPA 1, kelas XI MIPA 5, dan kelas XI MIPA 6. Peserta didik kurang mampu menunjukkan pola-pola geometri dalam menyelesaikan masalah, tidak menggunakan erkpresi matematis dan tidak percaya diri dalam mengungkapkan argumennya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmetika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini menggunakan 9 subyek wawancara yang merupakan perwakilan dari 3 kelompok. Yaitu 3 subyek kelompok atas, 3 subyek kelompok tengah, dan 3 subyek kelompok bawah. Subyek wawancara dipilih secara acak. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata kemampuan peserta didik pada kelompok atas dalam menyelesaikan masalah dengan representasi visual berada pada kategori cukup dengan skor 63,7838. Adapun pada kelompok tengah rata-rata kemampuan peserta didik yakni cukup, dengan skor 62,5. Pada kelompok bawah, rata-rata kemampuan peserta didik yaitu kurang dengan skor 45,9091. Hasil penelitian representasi ekspresi pada kelompok atas, peserta didik memiliki rata-rata kemampuan cukup dengan skor 58,1081081. Adapun pada kelompok tengah, rata-rata peserta didik memperoleh skor 46,5 dengan kategori kurang. Pada kelompok bawah, rata-rata peserta didik memperoleh skor 33,8636364 dengan kategori kurang. Rata-rata hasil tes kemampuan representasi teks tertulis peserta didik kelompok atas yaitu 51,73745174 dengan kemampuan kurang. Adapun pada kelompok tengah, rata-rata peserta didik memperoleh vii skor 31,61904762 dengan kategori kurang sekali. Sedangkan pada kelompok bawah, rata-rata peserta didik memperoleh skor 20,71428571 dengan kategori kurang sekali. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa representasi visual peserta didik lebih dominan dibanding jenis representasi yang lain. Banyaknya peserta didik yang masih kesulitan menuliskan langkahlangkah. Beberapa peserta didik merasa ragu-ragu terhadap argumennya dalam menjawab representasi teks tertulis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRomadiastri, YuliaUNSPECIFIED
Thesis advisorFitriani, UlliyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Representasi matematis; Penyelesaian masalah; Barisan dan deret aritmetika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 25 May 2018 08:02
Last Modified: 25 May 2018 08:02
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7828

Actions (login required)

View Item View Item