Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmetika kelas XI SMA Negeri 1 Wirosari Grobogan

Pratiwi, Risca Dian (2017) Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmetika kelas XI SMA Negeri 1 Wirosari Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah kemampuan
representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah
barisan dan deret aritmetika di kelas XI MIPA 1, kelas XI MIPA 5, dan
kelas XI MIPA 6. Peserta didik kurang mampu menunjukkan pola-pola
geometri dalam menyelesaikan masalah, tidak menggunakan erkpresi
matematis dan tidak percaya diri dalam mengungkapkan argumennya.
Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan
representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah
barisan dan deret aritmetika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara,
dokumentasi, dan tes. Penelitian ini menggunakan 9 subyek wawancara
yang merupakan perwakilan dari 3 kelompok. Yaitu 3 subyek kelompok
atas, 3 subyek kelompok tengah, dan 3 subyek kelompok bawah. Subyek
wawancara dipilih secara acak.
Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata kemampuan peserta
didik pada kelompok atas dalam menyelesaikan masalah dengan
representasi visual berada pada kategori cukup dengan skor 63,7838.
Adapun pada kelompok tengah rata-rata kemampuan peserta didik
yakni cukup, dengan skor 62,5. Pada kelompok bawah, rata-rata
kemampuan peserta didik yaitu kurang dengan skor 45,9091.
Hasil penelitian representasi ekspresi pada kelompok atas,
peserta didik memiliki rata-rata kemampuan cukup dengan skor
58,1081081. Adapun pada kelompok tengah, rata-rata peserta didik
memperoleh skor 46,5 dengan kategori kurang. Pada kelompok bawah,
rata-rata peserta didik memperoleh skor 33,8636364 dengan kategori
kurang.
Rata-rata hasil tes kemampuan representasi teks tertulis peserta
didik kelompok atas yaitu 51,73745174 dengan kemampuan kurang.
Adapun pada kelompok tengah, rata-rata peserta didik memperoleh
vii
skor 31,61904762 dengan kategori kurang sekali. Sedangkan pada
kelompok bawah, rata-rata peserta didik memperoleh skor
20,71428571 dengan kategori kurang sekali.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa representasi
visual peserta didik lebih dominan dibanding jenis representasi yang
lain. Banyaknya peserta didik yang masih kesulitan menuliskan langkahlangkah.
Beberapa peserta didik merasa ragu-ragu terhadap
argumennya dalam menjawab representasi teks tertulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Representasi matematis; Penyelesaian masalah; Barisan dan deret aritmetika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 25 May 2018 08:02
Last Modified: 25 May 2018 08:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7828

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics