Keefektifan model pembelajaran POGIL (process oriented guided inquiry learning) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X MAN Demak pada materi getaran harmonik tahun ajaran 2016/2017

Sari, Wahyu Bunga (2017) Keefektifan model pembelajaran POGIL (process oriented guided inquiry learning) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X MAN Demak pada materi getaran harmonik tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133611024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan Proses Sains (KPS) merupakan keterampilan dasar yang perlu dimiliki siswa untuk dapat membentuk pengetahuan sendiri dan lebih memahami apa yang dipelajari. Namun, KPS di MAN Demak belum menjadi perhatian dalam pembelajaran fisika. Sehingga perlu dilakukan penelitian terhadap keefektifan model pembelajaran yang dapat meningkatkan KPS siswa. Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan KPS siswa kelas X MAN Demak pada materi getaran harmonik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen true experimental design. Desain yang digunakan adalah posttest – only control design dengan data pendukung berupa observasi dan wawancara. Hasil analisis posttest menggunakan uji t, diperoleh ( ) sehingga Ha diterima, yang artinya rata – rata KPS siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil analisis data observasi, rata – rata KPS siswa kelas eksperimen adalah 76, 97 % (kategori baik) lebih baik daripada kelas kontrol 73, 96 % (kategori cukup). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran POGIL efektif untuk meningkatkan KPS siswa MAN Demak pada materi getaran harmonik. Selain efektif untuk meningkatkan KPS, dari hasil observasi dan wawancara terhadap siswa, model pembelajaran POGIL juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, melatih kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kritis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorKusumo, Hamdan HadiUNSPECIFIED
Thesis advisorFirmansyah, ArizalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan proses sains; Model pembelajaran; POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning); Getaran harmonik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 534 Sound and related vibrations
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 25 May 2018 08:30
Last Modified: 25 May 2018 08:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7835

Actions (login required)

View Item View Item